Tips Mengatasi Gurami Sakit Radang Insang & Jamuran

Gurami Jamuran

Infeksi jamur serta radang insang alias busuk insang merupakan momok bagi pembudidaya gurami. Jika tidak segera ditangani, gurami yang terkena penyakit ini selanjutnya akan stres dan kemudian mati. Ini tentunya menjadi kerugian besar bagi pembudidaya gurami.

Setiap pembudidaya gurami biasanya telah memiliki ‘resep’ untuk mengobati infeksi jamur dan radang insang. Ada pembudidaya yang menggunakan obat racikan pabrik untuk mengobati penyakit tersebut. Sedangkan pembudidaya gurami yang tidak ingin guraminya ‘tercemar’ bahan kimia biasanya memanfaatkan tanaman herbal.

Berikut ini adalah tips mengatasi penyakit jamur dan radang insang/busuk insang yang diterapkan oleh Gosis Siswanto. Gosis adalah salah seorang pembenih gurami yang berasal dari Jambidan Bantul yang telah lama dikenal sebagai kampung budidaya gurami di Yogyakarta.

Mencegah Gurami Stress, Terkena Jamur & Radang Insang

Sebagai tindakan pencegahan gurami stres, terkena jamur atau radang insang, Gosis memberikan setengah botol Bendoz-A untuk kolam ukuran 2×3 yang ditebarkan 3 jam sebelum benih gurami masuk kolam.

Mengobati Gurami Terkena Jamur

Gurami terkena jamur biasanya ditandai dengan munculnya serabut berwarna putih, krem atau coklat menyerupai kapas pada tubuh, sirip atau mulut ikan. Untuk mengatasi gurami yang terkena jamur, Gosis mengandalkan garam ikan dan Bendoz-A. Caranya Gurami yang terkena jamur dimasukkan ke dalam ember atau wadah khusus yang berisi larutan garam ikan 1 kg, Bendoz A 1-2 tutup botol dan 10 liter air.

Rendam gurami yang sakit selama kurang lebih 0.5 menit atau cek gerakan ikan. Jika gurami yang sakit tersebut gerakannya sudah mulai lincah/gesit kembali, selanjutnya ikan tersebut bisa dimasukkan ke kolam lain yang steril dari jamur. Larutan garam ikan yang digunakan sebelumnya juga ikut dimasukkan ke kolam yang baru.

Mengobati Gurami Sakit Radang Insang

Gurami yang sakit karena radang insang/busuk insang biasanya akan lebih sering berada di permukaan kolam untuk mengambil nafas dan membuat gelembung udara (jawa : mlupuk). Selain itu gurami yang sakit gerakannya lemah dan nafsu makan turun bahkan tidak mau makan sama sekali. Pada kondisi yang lebih parah bisanya gurami hanya mengambang/menggantung di permukaan air dan bila bergerak oleng.

Ada beberapa perlakuan yang dilakukan Gosis untuk menangani gurami yang terkena radang insang. Secara garis besar perlakuan untuk gurami yang terkena radang insang yang diaplikasikan Gosis adalah :

  1. Kurangi kepadatan gurami di dalam kolam
  2. Ganti separuh air kolam dengan air baru atau bisa juga gurami dipindah ke kolam lain yang sebelumnya telah diberi 1 tutup botol Bendoz-A.
  3. Selama perlakuan ini pakan pelet dihentikan dulu dan gurami cukup diberi pakan daun.
  4. Jika dalam 3-4 hari sudah tidak ditemui gurami yang mengambang di permukaan air maka pemberian pelet sudah bisa dilanjutkan kembali.

 (murdoko)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

3 Comments on "Tips Mengatasi Gurami Sakit Radang Insang & Jamuran"

  1. malikulfahmi,se July 21, 2013 at 9:38 am -

    saya punya jurus jitu untk ikan gurama sakit jamur, mrupus dan cacar.
    1). Kurangi volume air 30cm.
    2).beri Pk 2 ons ditaburkan ke dalam kolam & biarkan 1 malam.
    3). Tambah volume air hingga 1 mlm sampai air yg bercampur pk berganti dg air baru dan bening.
    4). Beri MB ukuran 50 gram dan jangan diberi pakan pelet sampai sembuh./ boleh pakai pkn daun mengkudu & daun pisang sampek smbuh.
    5). Stelah Waras/ sembuh, mulailah diberi pkn pelet separuh dari takaran biasanya dan dicmpur vitamin c pure ikan dg takaran 1 sendok teh untk 1 kg pakan. Beres.

  2. JAYA MEDIFINDO November 21, 2013 at 1:44 pm -

    OBAT KHUSUS PENYAKIT IKAN GURAME .. AMPUH SEJAK TAHUN 2002 .. 081216179270 –

    Bismillahirrahmanirrahim …
    HIDROPHILA adalah obat khusus untuk ikan gurami / gurame yang terkena serangan penyakit ganas dan mematikan di dalam kolam pemeliharaan.

    Obat ini sangat efektif memberantas penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur yang sering menyerang ikan gurami sejak ukuran benih hingga dewasa menjelang panen yang dikarenakan berbagai jenis kondisi antara lain, kurang hygienitas kolam hingga terlalu padatnya penebaran serta kondisi cuaca yang kurang menguntungkan sehingga terjadilah serangan penyakit yang ditandai dengan nafsu makan yang berkurang, timbul kepermukaan dan berenang tanpa arah, sisik terkelupas dan timbul bercak-bercak darah kemudian bernanah yang sering disebut dengan cacar, hingga mata menonjol putih sampai timbulnya bintil-bintil coklat kekuningan disekitar insang, kulit daging bahkan bagian dalam tubuh ikan yang tidak teridentifikasi sehingga tiba-tiba ikan gurami mati dan terus ” mengajak ” teman-temannya yang lain.

    Adalah HIDROPHILA obat khusus gurami sudah teruji dan terbukti secara luas sejak tahun 2002 oleh para peternak gurami Jawa Timur, mampu mengalahkan ganasnya berbagai penyakit yang menyerang ikan gurami. HIDROPHILA dibuat dan dikondisikan mampu membunuh bakteri phatogen penyebab penyakit gurami yaitu dari jenis bakteri gram positif bentuk batang, antara lain mycobacterium sp, aeromonas hydrophilla dan berbagai jenis yang lainnya secara efektif.

    Dosis yang disarankan adalah berikan 1 ( satu) tutup botol HIDROPHILA untuk 1 ( satu) kilogram pakan dengan cara 1 ( satu) tutup botol HIDROPHILA dicampur air secukupnya kemudian dicampur / diaduk hingga merata pada pakan ikan gurami tunggu beberapa saat hingga cukup kering dan siap diberikan kepada gurami.

    … HATI-HATI BARANG TIRUAN …

    JAYA MEDIFINDO
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270

  3. zul February 1, 2014 at 9:30 am -

    salam kenal. apakah bisa obat hidropila untuk penyakit insang ikan mas , kalau bisa , dimana saya bisa pesan , mohon infonya. tq

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.