Ikan Lele Pun Dibuat Es Krim

Es Krim Ikan Lele

Siswa SMK N I Temon (SMK Kelautan) mencoba berkreasi dengan menciptakan es krim yang terbuat dari bahan dasar ikan lele. Produk buatan siswa kelas XII jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHPI) SMK Kelautan ni diharapkan mampu meningkatkan kegemaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Menurut Sri Wahyuni siswa kelas XII TPHP, lele ini banyak dijumpai di Kulonprogo, namun hanya selalu diolah untuk lauk. Karena itu ia bersama-sama temannya berkreasi membuat es krim lele tersebut dan ini sudah diikutkan dalam Clinic Science Dinas Pendidikan DIY dan direncanakan September akan ikut pameran di DIY.

“Untuk mengolah lele menjadi es krim memang dibutuhkan ketelatenan, karena lele akan melewati beberapa tahapan agar mendapatkan tepung yang halus,” katanya, Sabtu (20/07/2013).

Diungkapkan Sri Wahyuni, langkah awal pembuatan inti es krim lele yang paling banyak memakan waktu adalah mendapatkan tepung lelenya karena melalui proses yang lumayan lama dan telate. Ikan lele kemudian disiangi dan dicuci bersih lalu dikukus hingga matang.

“Usai dikukus daging ikan dipisahkan dari kulit dan tulangnya, hasilnya dispiner hingga 3 x agar air/minyak dari lele hilang dari dagingnya. Setelah itu daging lele dioven untuk mempermudah penghalusan, lalu diblender. Hasilnya diayak sehingga didapatkan tepungnya. Ini yang dikatakan harus telaten tadi, karena melalui beberapa kali proses untuk mendapatkan tepung lele yang halus,” paparnya.

Setelah diperoleh tepung, langkah selanjutnya mempersiapkan bahan-bahan es krim, diantaranya memanaskan santan susu. Untuk adonan I dimulai dengan mencampur tepung ikan, perasa, susu dan santan yang telah dipanaskan. Saat gelembung mulai timbul maka pemanasan dihentikan.

Untuk adonan II adalah mencampur tepung ikan, perasa, santan dan dipanaskan. Telur, vanili, gula diblender dengan adonan I. Semua bahan dipanaskan sampai mengental.

“Kemudian tuangkan ke dalam wadah es krim dan masukkan ke dalam kulkas,”kata Sri Wahyuni sambil menambahkan biasanya untuk 1 kg lele didapatkan sekitar 80 gram tepung lele. (Sumber :  KR Jogja)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Ikan Lele Pun Dibuat Es Krim"

  1. mata usaha July 23, 2013 at 5:24 pm - Reply

    wah, gak nyangka ada juga eskrim dari ikan lele

Leave A Response