Penyebab Ikan Terkena Jamuran

koijamuran

Infeksi jamur merupakan salah satu momok bagi pembudidaya ikan. Hampir semua ikan budidaya seperti gurami, nila, arwana dan juga ikan hias semisal koki, guppy, discuss, koi dapat terkena infeksi jamur. Apa gerangan penyebab infeksi jamur pada ikan ini ?

Ada beberapa jenis jamur yang biasanya menyerang ikan. Pertama, jamur yang paling ‘tenar’ menyerang ikan adalah jamur Spaprolegnia dan Achyla.

Infeksi jamur ini biasa muncul pada bagian tubuh ikan yang luka. Selanjutnya infeksi jamur akan menjalar ke bagian tubuh ikan lainnya.

Selain luka, penyebab munculnya jamur ikan jenis ini adalah kualitas air kolam yang buruk serta suhu air kolam yang tidak ideal bagi ikan.

Ciri ikan yang terkena infeksi jamur Spaprolegnia dan Achyla adalah munculnya benang menyerupai kapas berwarna putih atau krem pada kulit, sirip, mata atau insang. Selain bagian tubuh ikan, jamur ini juga bisa menginfeksi telur ikan.

Ciri lain dari ikan yang terinfeksi jamur Spaprolegnia dan Achyla bisa diamati dari gerakan dan nafsu makannya. Ikan yang jamuran biasanya jadi malas makan dan gerakannya tidak lincah.

Jenis jamur lain yang biasa menyerang ikan adalah Branchiomyces. Jamur ini adalah biang penyebab penyakit busuk ingsang. Jamur Branchiomyces ‘mengincar’ ikan yang stres akibat kualitas air kolam yang buruk.

Ciri ikan yang sakit busuk ingsang akibat jamur Branchiomyces diantaranya gerakan lemah, ogah makan dan nafas tersengal-sengal di permukaan air.

Selanjutnya jika dibuka, insang akan tampak pucat dan sedikit mengeras pada bagian yang terinfeksi jamur.

Mencegah Jamur Ikan

Upaya untuk mencegah infeksi jamur ikan dapat dilakukan dengan menjaga kualitas air agar tetap ideal bagi ikan. Pastikan pH, kandungan oksigen serta suhu air tetap ideal bagi perkembangan ikan.

Selain itu perhatikan juga tentang kepadatan ikan yang dipelihara. Kondisi pemeliharaan ikan dengan kepadatan tinggi juga dapat memicu munculnya infeksi jamur.

 

 

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Penyebab Ikan Terkena Jamuran"

  1. sutarno June 5, 2014 at 2:10 am -

    assalamualaikum….salam kenal
    tlg jelasin
    1.utk kwalitas air yg bagus yg dikehendaki ikan lele
    2.tlg utk suhu yg ideal bagi lele,utk musim kemarau panas hrs dikasih naungan atau gmn utk wilayah jepara
    3.tlg utk isi ikan lele perm2 idealnya brp ekor
    suwun…..wassalam…..

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.