Cara Membuat Kolam Terpal Alas Sekam Budidaya Gurami

Gurami Kolam Terpal

Kolam terpal alas sekam merupakan salah satu kunci sukses pembudidaya Gurami di Kulonprogo Yogyakarta. Pemberian sekam sebagai alas kolam terpal adalah inovasi dari Wagiran, pembudidaya gurami dedengkot Kelompok Perikanan Trunojoyo Wates Kulon Progo.

Alas sekam pada kolam terpal berfungsi sebagai ‘heater raksasa’ alias penghangat untuk mempertahankan suhu kolam agar tetap ideal bagi budidaya gurami. Rahasianya terletak pada proses dekomposisi sekam. Proses dekomposisi sekam tersebut akan menghasilkan panas yang kemudian akan berperan menghangatkan air sehingga suhu kolam terpal tetap terjaga di kisaran 28 derajat celcius.

Pengalaman pembudidaya Gurami Kolam Terpal Kulonprogo, pemberian alas sekam ini terbukti ampuh untuk meredam perubahan suhu yang cukup mencolok antara siang dan malam.

Pada tahap pembenihan, fluktuasi suhu ini bisa menyebabkan benih gurami stress yang ujungnya berakibat kematian. Sedangkan pada tahap pembesaran biasanya menyebabkan gurami malas makan sehingga pertumbuhan gurami terhambat.

Berikut di bawah adalah cara singkat pembuatan kolam terpal alas sekam. Ada beragam ukuran kolam terpal yang bisa anda buat. Sebagai contoh adalah cara pembuatan kolam terpal alas sekam ukuran 5x2x1 meter yang bisa diaplikasikan di lahan yang tidak terlalu luas.

Penggalian Tanah Untuk Kolam Terpal

Gurame Kolam Terpal

Langkah pertama pembuatan kolam terpal adalah penggalian tanah. Kedalaman tanah yang digali umumnya berkisar 60-100 cm. Jika anda menggali tanah dengan kedalaman 60 cm maka kolam perlu dilengkapi dengan tanggul.

Tanggul ini bisa dibuat menggunakan kerangka kayu, bambu, besi, batako, batu bata atau dengan memanfaatkan tanah galian kolam. Tanggul dibuat dengan ketinggian sekitar 40 cm agar total kedalaman kolam bisa mencapai 100 cm.

Sementara jika tanah digali sedalam 100 cm maka kolam tidak perlu dilengkapi tanggul karena kedalaman kolam sudah mencapai 100 cm.

Untuk memudahkan proses penyifonan, anda bisa membuat kemalir di bagian tengah kolam.

Pemberian Sekam Sebagai Alas Terpal

Gurami Kolam Terpal

Setelah tanah selesai digali langkah selanjutnya adalah menaburkan sekam. Sekam dihamparkan secara merata di dasar kolam sebelum terpal dipasang.

Ketebalan sekam berbeda-beda tergantung pada ketinggian lokasi budidaya gurami. Pada dataran rendah misalnya di pesisir pantai, alas sekam tidak diperlukan karena pasir pantai sudah dapat menyerap panas pada siang hari dan dapat menghangatkan kembali hingga keesokan harinya.

Sedangkan jika lokasi budidaya berada pada ketinggian 500 m dpl ketebalan sekam yang dibutuhkan adalah sekitar 10 cm. Lokasi budidaya 500-800 m dpl membutuhkan ketebalan sekam 15-20 cm.

Setelah sekam dihamparkan secara merata, siram kolam dengan air. Tujuannya untuk membatu proses dekomposisi sekam.

Pemasangan Terpal

Kolam Terpal Alas Sekam

Setelah sekam dihamparkan langkah selanjutnya adalah pemasangan terpal. Untuk membuat kolam terpal berukuran 5x2x1 meter anda membutuhkan terpal berukuran 8×5 meter. Terpal baru disarankan dicuci terlebih dahulu menggunakan air bersih. Caranya cukup gosok menggunakan kain basah kemudian siram dengan air bersih. Terpal dipasang hingga menutupi seluruh galian kolam. Sisa terpal yang berada di luar kolam (mencapai tanggul) diberi penahan berupa pasak kayu atau pemberat berupa batako atau bata merah agar terpal tidak melorot.

Pengisian Air dan Pre Kondisi Kolam

Langkah selanjutnya setelah terpal terpasang adalah pengisian air dan pre-kondisi kolam. Selain alas sekam, proses pre-kondisi kolam seperti penggaraman, pemupukan dan pemberian probiotik ini juga penting dilakukan untuk menunjang keberhasilan budidaya gurami kolam terpal. .

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

3 Comments on "Cara Membuat Kolam Terpal Alas Sekam Budidaya Gurami"

  1. ibnu November 7, 2012 at 1:14 am - Reply

    selain sekam apa yang bisa untuk dasar kolam terpal

  2. M Lingga Naashiruddin February 19, 2013 at 3:22 am - Reply

    Peternakan Gurame Bastar Unggulan, kami ada di daerah Depok Jawa Barat (Kecamatan Sukmajaya). Jual bibit gurame 3 jari hingga 5 jari,untuk masa pemeliharaan 6-8 bulan panen. 3 Jari : Rp 3.000, 4 Jari : Rp 4.500, 5 Jari : Rp 6.000. Lihat bibit gurame langsung di kolamnya. Kontak Hp 08170071505 (Mas Lingga). follow twitter kami –> @rajagurame

  3. hasbullah September 9, 2013 at 6:51 am - Reply

    di kolam terpal,misalnya di taruh tanah,ada yang bilang.bisa mempercepat,besar nya ikan.apakah betul,tolong bagi informasi nya klw ada yang tau

Leave A Response