Mina Rukun Sukses Budidaya Ikan Organik Tanpa Zat Kimia

Budidaya Ikan Organik

Tak hanya sayur saja yang organik, bebas zat kimia. Kini budidaya ikan juga ada yang organik. Kelompok Perikanan Mina Rukun di Desa Gelaran II, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul mengelola ikan secara organik tanpa menggunakan bahan kimia.

Bahkan kelompok perikanan Mina Rukun di desa Gelaran II, Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Senin (8/4) terpilih sebagai wakil Gunungkidul dalam penilaian perikanan tingkat provinsi.

Ketua Kelompok Mina Rukun, Aminto mengatakan, mereka tidak menggunakan bahan kimia apapun untuk budidaya ikan lele dan budidaya ikan nila di Gelaran II.

Aminto menjelaskan, di Gelaran II warga tidak hanya melakukan usaha perikanan. Mereka juga sekaligus melakukan upaya pelestarian lingkungan. Beberapa ikan yang mereka hasilkan tidak semuanya dipanen, beberapa dikembalikan ke habitatnya di sungai yang membelah dusun itu.

Kesadaran warga terhadap lingkungan itu diakui Aminto merupakan hasil dari pelajaran yang dipetik pada masa lalu. Dulu, menurut Aminto, warga pernah mencari ikan di sungai dengan menggunakan racun. Akibatnya sungai Gelaran sempat tercemar dan merusak habitat ikan.

Berkaca dari peristiwa itu, warga kemudian bersama-sama melakukan rehabilitasi lingkungan dengan menerapkan konsep perikanan berbasis alam. Seluruh proses dalam pembiakan ikan dilakukan secara alami, mulai dari pakan hingga suplemen tambahan untuk menghindarkan ikan dari penyakit.

Imbas dari upaya itu, kini sumber air di Gelaran juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh warga setempat.

Ketua tim penilai, Aning Indrawati mengatakan, konsep yang diusung masyarakat Gelaran memang tergolong unik. Mereka enggan menggunakan pakan dan suplemen kimiawi.

Sebagai gantinya, warga menggunakan bahan yang ada di sekitar mereka, seperti bekicot dan tiwul.

Dengan cara itu, mereka mampu menghemat biaya penyediaan pakan karena tinggal mengambil dari bahan yang ada di sekitar mereka.

Selain itu, konsep kelestarian yang diusung warga juga dinilai positif karena mampu melestarikan kondisi alam di desa itu.
“Bahkan untuk mengobati penyakit jamur pada ikanpun mereka pakai bahan alam seperti pace,” tambah Aning. (Sumber : Harian Jogja)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Mina Rukun Sukses Budidaya Ikan Organik Tanpa Zat Kimia"

  1. agro mandiri October 31, 2013 at 5:13 am -

    Kabar gembira bagi saudara pelaku agrokomplek organik, kami menyediakan sarana pendukung pertanian, perikanan, dan perkebunan. Lengkap dari mulai pupuk organik padat maupun cair disertai pengendali hama dan penyakit dari agens hayati, serta nutrisi untuk perikanan dan peternakan.
    Kami siap kerjasama disertai pendampingan konsultasi produk danembuka peluang kerjasama pemasaran di seluruh wilayah nusantara.
    Jika berminat silakan kontak via email agromandiri10@gmail.com

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.