Azolla, Pakan Ikan Kaya Protein Yang Disingkirkan

azollapakanikan

Azolla (Azolla Pinnata), tanaman paku-pakuan air yang biasa ditemui di sawah ini kerap dibuang karena dianggap gulma. Padahal siapa sangka Azolla memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik jika diberikan sebagai pakan ikan.

Sebagai pakan ikan, Azolla menyimpan kandungan nutrisi yang komplit. Selain kaya protein, Azolla juga mengandung Vitamin A, B12, Asam Amino Esensial, Beta Carotene. Lemak, Karbohidrat dan mineral. Kandungan protein Azolla mencapai 25-35%, Mineral 10-15%, Lemak 7-7.5% dan Karbohidrat 6-6.5%.

Jika diberikan sebagai pakan ikan, Azolla dapat diberikan langsung dalam keadaan segar. Alternatif lain, Azolla bisa diolah terlebih dahulu menjadi tepung Azolla. Tepung Azolla ini kemudian dijadikan campuran untuk membuat pellet ikan.

Berdasar uji di lapangan, Azolla segar bisa diberikan ebagai pakan Ikan Gurami, Nila, Tawes dan Ikan Mas. Hasilnya kualitas ikan tidak kalah dengan dengan ikan yang diberikan pakan buatan pabrik. Unsur hara yang dikandung Azolla sangat cocok digunakan sebagai pupuk ramah lingkungan. Selain itu Azolla juga memiliki cara kerja yang luar biasa yaitu kemampuannya mengikat Nitrogen langsung dari udara.

Bagi pembudidaya ikan tentunya penggunaan Azolla sebagai pakan ikan akan menekan biaya produksi. Namun sayang, belum banyak pembudidaya yang mengembangkan Azolla sebagai pakan ikan. Tertarik mencoba ?

 

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

2 Comments on "Azolla, Pakan Ikan Kaya Protein Yang Disingkirkan"

  1. Bibit Azolla Gambiran August 23, 2012 at 8:22 am -

    Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas. Kami menyediakan BIBIT AZOLLA. Untuk pemesanan hubungi 0857 1790 7467, 0823 3234 8282.

  2. Burung Kenari Malang March 20, 2013 at 11:52 pm -

    Mantap artikelnya..

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.