Kapuas Hulu Bibitkan Ikan Semah

bibitikanselah

Selain Arwana, ikan Semah merupakan potensi perikanan bernilai ekonomis tinggi. Namun pengembangan ikan yang hidup di air deras ini tak sederas ikan arwana. Meski demikian, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya melakukan pengembangan ikan berdaging empuk ini.Awang Mustari, Putussibau

“Kita sudah dan terus mencoba memijakkan ikan semah di Balai Benih Ikan. Hanya saja belum bisa maksimal karena masih belum didukung faktor teknis, itu karena masalah listrik disitu. Gardu yang ada di Kelansin sekarang belum sesuai setandar,” kata Drs Mohammad Zaini, MM, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu.

Dikatakan Zaini, terkait dengan ikan semah berbagai upaya telah dilakuakan Dinas Perikanan. Diluar dari pemijahan di BBI Kelansin, Dinas Perikanan juga mengerahkan unit pembenihan rakyat (UPR) yang merupakan perpanjangan tangan BBI Kelansin.”Untuk penetapan UPR sendiri kami harus selektif, tidak semua tempat cocok untuk pengembangbiakan ikan semah ini. Untuk itu kami sudah lakukan pembibitan di UPR Desa Sriwangi, Kecamatan Boyan Tanjung,” ungkapnya.

Dasar pertimbangan pembibitan ikan semah di UPR Sriwangi karena dikawasan tersebut terdapat sungai yang menyerupai habitat ikan tersebut yaitu di Hulu Kapuas. Disamping itu untuk pertimbangan lainnya adalah alur transportasi yang cukup lancar dan faktor kelistrikan yang cukup mendukung.

“Sudah dua tahun yang lalu kita lakukan ini, hasil secara materil belum ada namun terkait pengembangbiakan bibit semah disana sudah positif,”ujarnya. Zaini menuturkan kedepan Dinas Perikanan akan lebih fokus pada BBI, karena BBI merupakan central pembudidayaan. Untuk memaksimalkan fungsi BBI sendiri, Dinas Perikanan saat ini menjajaki memorandum of understanding (MOU) dengan balai pembenihan di Depok.

“Kita upayakan untuk mendatangkan pakar dari Depok, kita jajaki MOU ini untuk pengkajian pengembangbiakan segala jenis ikan termasuk ikan semah,”tandasnya.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat yang berada dikawasan yang berpotensi untuk pengembangbiakan ikan semah untuk dapat berkoordinasi dengan Dinas Perikanan guna pengembangbiakan ikan ini,”pungkas Zaini.(pontianakpost/indahraja)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response