Unej Teliti Ikan Gabus Untuk Pengobatan

Biskuit Ikan Gabus

Siapa sangka jika ikan gabus yang menjadi makanan favorit masyarakat Jawa ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan? Ya, ikan yang dikenal dengan sebutan iwak kuthuk oleh masyarakat Jawa itu memiliki kandungan albumin yang tinggi sehingga berguna bagi pasien yang tengah dalam masa penyembuhan.

Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai penelitian mengenai ikan gabus banyak dilakukan, termasuk yang kini tengah dikembangkan oleh Universitas Jember (Unej) bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Paru Jember. Secara resmi, perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor Unej Moh Hasan dan Direktur RS Paru Jember Arya Sidemen.

Menurut Moh Hasan, penelitian mengenai hewan bernama latin Channa striata itu diharapkan mampu memberikan kemanfaatan nyata bagi masyarakat, tidak sekadar berhenti di tataran penelitian belaka. Jika sudah bisa ditemukan pemanfaatan dan aplikasi dari albumin yang berasal dari ikan gabus, maka bisa dilakukan penelitian lanjutan yang berefek bagi masyarakat.

“Contohnya saja, jika albumin dari ikan gabus bisa dirupakan kapsul maka butuh pasokan ikan gabus yang artinya kita harus menemukan metode yang tepat untuk beternak Ikan Gabus seperti yang diharapkan. Kemudian bisa kita tularkan kepada masyarakat,” ujar Moh Hasan, seperti dilansir laman Unej, Kamis (15/8/2013).

Sementara itu Direktur RS Paru Jember Arya Sidemen menegaskan, kerjasama ini menunjukkan jika para praktisi kedokteran masih memerlukan ide-ide segar dari para akademisi.

“Kerjasama untuk meneliti bagaimana lebih mengefektifkan kandungan albumin pada ikan gabus untuk proses penyembuhan khususnya bagi penderita penyakit TBC memang diperlukan ide dari berbagai disiplin ilmu seperti kimia dan farmasi, selain dari ilmu kedokteran sendiri,” urai Arya.

Ke depan, lanjutnya, jika sudah didapat produk tertentu dari albumin ikan gabus maka akan lebih banyak disiplin ilmu yang akan terlibat. “Selanjutnya penelitian ini juga akan berfokus bagaimana ikan gabus ini akan berperan dalam perekonomian masyarakat melalui budidaya. Untuk itu kami menggandeng Unej,” paparnya. (Sumber : Okezone)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.