Sulut Potensial Budidaya Ikan Betutu

budidaya ikan betutu

Budidaya ikan betutu di Sulut sangat potensial. Hal ini ditandai dengan harga ikan betutu yang kian naik saat ini. Selain itu, permintaan pasar internasional maupun lokal terhadap ikan betutu Sulut kian meningkat.

Ini pun ditandai dengan meningkatnya harga komoditas tersebut yang mencapai Rp 300.000/kg, seperti pada saat pasar lelang komoditi agro (PLKA) beberapa waktu lalu.

Salah satu pelaku ekspor ikan Betutu, Max Korengkeng mengatakan, pihaknya kewalahan memenuhi permintaan ikan betutu dari Singapura dan Malaysia menyusul produksi ikan yang dihasilkan petani terus berkurang padahal harganya terus mengalami peningkatan. “Permintaan terus datang dalam jumlah tak terbatas dari pembeli Singapura dan Malaysia, namun tak bisa dipenuhi karena produksi petani sangat sedikit,” ujarnya.

Dikatakan Korengkeng, beberapa petani sudah mencoba mengembangkan budidaya ikan betutu di luar danau Tondano, tetapi belum berhasil. “Ikan betutu merupakan salah satu produk ikan khas danau Tondano, namun karena ingin memproduksi dalam jumlah banyak sehingga mencoba mengembangkannya di perairan air tawar, namun hingga kini belum ada hasilnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Feby Karambut mengatakan, ikan betutu Sulut diharapkan menjadi komoditas ekspor Sulut seperti tahun-tahun sebelumnya. Di PLKA beberapa waktu lalu ikan air tawar ini sepertinya sudah menemukan kembali pemasarannya.

“Dalam PLKA pernah menghasilkan transaksi sebesar Rp45 juta, menyusul volume penjualan sebanyak satu ton,” ungkap Karambut.

Dikatakannya, ikan betutu hasil panen di danau Tondano, Kabupaten Minahasa, mampu diperdagangkan di harga Rp45 ribu per kilogram(Kg). Tampilnya kembali ikan betutu ini menjadi salah satu komoditas andalan di PLKA, sehingga kembali membuka peluang produk perikanan danau tersebut untuk menjadi andalan ekspor Sulut ke depan. (Sumber : Manado Bisnis)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Sulut Potensial Budidaya Ikan Betutu"

  1. Mohammad Sholeh April 21, 2013 at 3:15 pm -

    Saya dari Lamongan Jawa Timur juga siap meraih peluang dan mendukung sepenuh hati upaya pengembangan budi daya ikan betutu untuk saudara-saudara di tanah air dengan menyediakan stok ukur bibit (0,5 – 2,5 on) maupun ukur konsumsi (3 on up) dari hasil tangkapan alam di waduk dan rawa dalam jumlah yang cukup banyak, per minggu bisa mencapai 1 kwintal (untuk ukur bibit), sedangkan untuk ukur konsumsi pada musim tertentu bisa mencapai 1-5 kwintal dalam sebulan. Ayo segera bergabung memulai usaha budi daya ikan komoditas ekspor dari hasil alam negeri kita, jangan sampai peluang emas ini disabet oleh orang-orang dari negara jiran (Malaysia, Singapura, Thailand, dan lainnya).
    Bagi saudara yang mebutuhkan bibit atau pasokan ukur konsumsi bisa menghubungi saya Mohammad Sholeh-Lamongan-Jawa Timur (HP: 081330537156) atau kunjungi juga website saya: http://malesmania.wordpress.com
    Salam sukses selalu buat saudara sebangsa dan setanah air!
    Thanks buat pak admin, atas perkenannya numpang lewat.

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.