Sentra Budidaya Gurami Tulungagung

guramitulungagung

Kabupaten Tulungagung Jawa Timur dikenal sebagai salah satu sentra budidaya gurami di Indonesia. Di Tulungagung, budidaya gurami dilakukan secara besar-besaran dan terakhir tercatat ada lebih dari 20.000 petani yang membudidayakan gurami.

Sentra budidaya gurami Tulungagung berada di Tulungagung bagian timur yang meliputi kecamatan Sumbergempol, Rejotangan, Kalidawir, Ngunut, Ngantru, Kedungware, Boyolangu dan terus merembet ke wilayah lainnya.

Gurami menjadi salah satu pilihan utama para pembudidaya ikan di Tulungagung mengingat pangsa pasar gurami yang jelas, terus tumbuh dan berkesinambungan. Selain itu harga gurami yang cukup stabil juga menjadi sebab mengapa gurami menjadi primadona budidaya ikan  Tulungagung.

Karena mampu memproduksi gurami konsumsi dalam jumlah besar, banyak daerah lain di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta dan sebagian wilayah Sumatra yang ‘mengimpor’ gurami dari Tulungagung.

Ikan Gurami Tulungagung sangat disukai konsumen karena kualitas dagingnya yang baik  dan tidak bau tanah. ‘Rahasia’ gurami bebas bau tanah ini adalah kolam semen dan kolam terpal. Hampir 90 % pembudidaya gurami Tulungagung menggunakan kolam permanen (semen) atau kolam terpal.

Selain kolam permanen dan kolam terpal, ada juga sebagian kecil pembudidaya gurami Tulungagung yang menggunakan kolam tanah. Untuk menghilangkan bau tanah, biasanya para pembudidaya gurami Tulungagung melakukan proses pemberokan selama 1 bulan.

Pemberokan gurami tersebut dilakukan dengan cara memindahkan gurami ke kolam permanen dan hanya diberi pakan daun-daunan saja. Selanjutnya gurami bisa dipanen untuk kemudian di pasarkan.

Menurut pengalaman pembudidaya Tulungagung, keuntungan budidaya gurami cukup menjanjikan dengan kisaran profit margin sekitar 50%. Bahkan pada saat harga gurami mencapai puncaknya dan kendala kematian kecil, keuntungan budidaya gurami bisa mencapai 100% dari modal yang dikeluarkan. Keuntungan yang cukup fantastis bukan ? Tertarik mencoba budidaya gurami ?

 

 

 

 

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

3 Comments on "Sentra Budidaya Gurami Tulungagung"

  1. ivana July 18, 2012 at 3:26 pm - Reply

    saya berminat..
    boleh saya meminta nomer yang bisa saya hubungi?

  2. Ivan December 22, 2012 at 3:41 pm - Reply

    Adakah yg bisa dihubungi saya mempunyai bibitnya。 Blitar

  3. Rahmat Basuki August 26, 2013 at 7:44 pm - Reply

    Saya berminat, bila ada pengepul di tulungagung mau bekerja sama bisa menghubungi saya via email….trims

    basuki_kincuy@yahoo.com

Leave A Response