Robert, Dulu Kuli Sekarang Juragan Benih Ikan Nila

Ikan Nila Srikandi

Kurun 1995—2002, Ruhdi alias Robert hanyalah seorang kuli di juragan pembenih ikan mas dan nila di kawasan Pagaden, Subang, Jabar. Sembari mengurus kolam hingga pemasaran hasil di tempat bosnya itu, Robert belajar tentang pendederan ikan nila & ikan mas.

Upah yang ia terima sebagian ditabungnya karena ia punya cita-cita ingin seperti sang bos. Merasa ilmunya sudah cukup, demikian pula dengan modalnya, pada 2003 Robert memutuskan menjadi pendeder mandiri. ”Pendederan ikan lebih cepat menghasilkan uang,” ia berdalih.

Dari 100 bata (1.400 m2) lahan yang disewanya kala itu, setiap bulan ia bisa memproduksi satu ton benih campuran ikan mas dan nila. Benih nila & ikan mas ukuran 100 ekor per kg itu dipasarkan ke Waduk Jatiluhur dan Cirata. Harga benih ikan mas Rp11.000 per kg, sementara nila Rp7.000 per kg.

Enam tahun berselang, kini Robert sudah menjadi juragan benih ikan di Desa Gembor, Pagaden. Jumlah kolam yang ia upayakan sendiri ada 6 petak seluas 1.000 bata (14 ha). Selain itu, ia juga bermitra dengan 70 petani pendeder yang memiliki lahan 150—400 bata per orang. Strain nila yang dikembangkan adalah nila unggul Nirwana. Per periode (52 hari), Robert membutuhkan pasokan kebul (larva) nila Nirwana minimal satu juta ekor.

Sebagai inti, Robert memasok kebul dan pakan. Petani mitra hanya menyediakan kolam dan tenaga kerja. Pasokan pakan pendederan, bekerjasama dengan PT Matahari Sakti. Enam kolam yang dimilikinya dibagi dua, masing-masing tiga petak untuk pendederan nila dan ikan mas. ”Dari tiga kolam menghasilkan 2—3 ton benih nila per periode (52 hari),” tandasnya.

Total benih nila yang diproduksi Robert saat ini mencapai lebih dari 6 ton per bulan. Dengan harga benih Rp15.000—Rp16.000 per kg (isi 100 ekor), berarti omzet penjualannya mencapai Rp90 juta—Rp96 juta per bulan. ”Keuntungan bersih rata-rata Rp1.000 per kg,” akunya. Dengan Rp1.000 saja, tiap bulan ia minimal bisa mengantongi laba Rp6 juta. (agrina/bpbiat)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

2 Comments on "Robert, Dulu Kuli Sekarang Juragan Benih Ikan Nila"

  1. fadli May 25, 2013 at 7:41 am -

    BIBIT IKAN NILA

    Kami petani ikan nila dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual larva dan benih nila berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Sistem : Budidaya intensif inti dan plasma indukan bersertifikasi
    Jenis : Nila Merah Super,Best, Gesit, Nirwana, GMT dan GIFT
    Sistem pengairan : Air mengalir
    Sumber air : Mata air / irigasi
    Kolam : Tembok / Tanah
    Pakan : Pelet halus D0, F999 dan 781-2
    Kedalaman : 25 – 60 cm
    Kepadatan : 80 – 300 ekor / m2
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, Bengkulu, Lampung, Batam, Tanjung pinang, Tanjung pandan, Pangkal pinang, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Berau, Pontianak, Ketapang, Sintang, Makasar, Luwuk, Palu, Kendari, Gorontalo, Manado, Bali, Labuan bajo, Tambolaka, Waingapu, Kupang NTT, Ternate, Sorong, Manokrawi, Jayapura dan kota-kota lainnya
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / BOX :
    Larva : 50.000 ekor
    2-3cm : 6.000 ekor
    3-5cm : 5.000 ekor
    4-6cm : 4.000 ekor
    5-7cm : 3.000 ekor
    Kami dapat memberi layanan benih yang berkelanjutan, berkualitas dan murah. Kolam tanah, kolam semen dan kolam terpal, aquarium, pakan, oksigen, kantong plastic, stereform untuk pengemasan pengiriman jarak jauh dan sebagainya merupakan sumber daya yang kami miliki sehingga mendukung untuk produksi telur dan penjualan bibit sampai ke konsumen.
    Kami siap melayani pengiriman larva dan bibit nila dengan kualitas yang unggul karena semua indukan bersertifikasi, harga ditempat kami jauh lebih murah karena anda langsung berhubungan dengan kami sebagai petani, silahkan bernegoisasi untuk mendapatkan harga yang termurah
    Untuk informasi pemesanan larva dan benih ikan dengan harga murah berkualitas dan konsultasi pembudidayaan silahkan contak person Fadli 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.nbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami UD.Nabila Farm di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS). Kami berpengalaman kirim antar pulau dan memberikan garansi ikan selamat sampai ke tujuan.
    NB : Kami juga menerima dan menyediakan sarana dan fasilitas untuk kunjungan dari berbagai instansi baik secara individu maupun rombongan untuk berdiskusi, belajar dan studi banding teknik pembenihan ikan air tawar yang baik dan benar secara instensif

  2. Robert August 4, 2014 at 2:47 am -

    Mohon info untuk harga bibit Ikan Nila Srikandi.
    Apakah ada juga di jual dalam bentuk larva. Berapa minimal ordernya. Posisi saya ada di Jakarta.

    Terima kasih.

    Salam- Roberts

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.