Rio Manfaatkan Kotoran Sapi Untuk Pakan Ikan

Pakan Ikan Kotoran Sapi

Kotoran sapi ternyata tidak hanya bisa diolah menjadi bio gas tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan. Seperti yang dipraktikkan di tambak milik Rio Albab, 22, di Kampung Kramat, Desa Pakuhaji, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten.

Dengan menggunakan bahan baku kotoran sapi, yang kemudian dicampur dengan kulit padi (sekam) dan serbuk kayu, ikan milik Rio dalam satu kali masa panen atau enam bulan bisa menjadi dua kali panen.

Bahkan, menggunakan pakan berbahan kotoran sapi ini membuat kondisi ikan lebih sehat dan lebih besar dibanding ikan yang dihasilkan oleh tambak milik warga lain yang menggunakan pakan pabrikan.

“Pakan berbahan kotoran sapi ini bisa dikonsumsi untuk semua jenis ikan, seperti lele, patin dan lainnya. Kebetulan di sini (Pakuhaji) kami hanya memelihara bandeng,” kata Rio Albab, lulusan Fakultas ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan Bisnis di Universitas Groningen, Belanda, Minggu (19/5).

Ikan peliharaanya lebih berkembang dan lebih sehat karena setelah kotoran sapi tersebut dicampur dan diaduk dengan bahan lainnya seperti di atas, dikeringkan terlebih dahulu, kemudian diolah dan dicampur lagi dengan tepung ikan yang mengandung kalsium, karbon (penyerap racun), silikat (pertumbuhan tulang), nitrogen (sirkulasi udara), dan tetes tebu.

Setelah menjadi adonan, kata Rio Albab, selanjutnya dicetak bulat-bulat kecil seperti pakan ikan lainnya yang dihasilkan oleh pabrikan.

“Manfaat tetes tebu, selain untuk mengubah warna pakan dari hitam menjadi kemerah-merahan juga berfungsi untuk mengeluarkan minyak yang mengandung bakteri perangsang pencernaan,” kata Rio yang juga bekerja di sebuah perusahaan kontruksi di Karawaci, Kota Tangerang. (Sumber : Sindo)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

2 Comments on "Rio Manfaatkan Kotoran Sapi Untuk Pakan Ikan"

  1. meyward May 20, 2013 at 10:46 pm - Reply

    Apakah sy bisa mendapatkan alamat lengkap atau alamat email rio alba yg membuat pakan ikan dr kotpran sapi

  2. bety January 6, 2014 at 12:36 am - Reply

    apa saya bisa meminta alamat lengkap atau alamat email dari rio alba yang membuat pakan ikan dari kotoran sapi

Leave A Response