Program 1000 Keramba Capai Target

keramba jaring apung

Program sejuta keramba yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sejak tahun 2008, saat ini sudah mencapai target dengan berhasil membuat sekitar 1.000 keramba lebih yang tersebar di tiga kecamatan di kabupaten itu.

“Untuk program sejuta keramba yang dicanangkan Pemkab Kubu Raya sejak tahun 2008, saat ini sudah mencapai target. Hal itu berkat keseriusan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dalam menggiring program itu,” kata Kabid Budidaya Perikanan, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kubu Raya, Hepni Rizal, di Sungai Raya, Minggu.

Dia mejelaskan, 1.000 petak lebih keramba jaring apung (KJA) tersebut tersebar di Kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap dan sebagian di daerah Ambawang dan Kubu.

Hepni mengatakan dari pelaksanaan program tersebut, pihaknya mengklaim sudah berhasil dengan baik, karena dari program tersebut yang didanai oleh APBD Kubu Raya serta bantuan Pemprov dan Pemerintah Pusat, masyarakat sudah bisa membudidayakan ikan bahkan melakukan beberapa kali panen.

“Hal itu tentu saja meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tergabung dalam gabungan kelompok petani ikan di tiga kecamatan tersebut. Ini tentu menjadi suatu kesuksesan pemkab Kubu Raya dalam menjalankan program itu,” tuturnya.

Hepni mengakui, meski program tersebut sudah berhasil, namun Pemkab Kubu Raya masih mengalami kendala dalam mengembangkan program tersebut. Pasalnya, korelasi antara jumlah petani tambak ikan dan kebutuhan bibit serta pakan ikan saat ini tidak sesuai.

Hal itu mengakibatkan Dinas Perikanan Kubu Raya dan gabungan kelompok tani ikan harus mendatangkan bibit dan pakan dari daerah Jawa.

“Karena itu, untuk mengantisipasi kebutuhan bibit ikan, kita akan mengembangkan balai benih yang rencananya difokuskan di Gunung Amabwang, Kecamatan Kubu. Hal itu akan dilakukan Pemkab Kubu Raya mulai tahun 2013 mendatang,” katanya.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan, Pemkab Kubu Raya melalui Badan Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kelautan sudah melakukan pelatihan kepada gabungan kelompok tani ikan untuk membuat pakan ikan sendiri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di Kubu Raya.

Ditempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyatakan untuk menyukseskan program sejuta keramba tersebut, pihaknya tetapi konsisten meski target yang ada sudah tercapai.

“Karena program ini kita nilai sangat baik, makanya kita akan terus menggiring program ini agar kesejahteraan masyarakat, khususnya petani ikan bisa meningkat. Terlebih, kita melihat, prospek perikanan sangat baik, mengingat harga ikan yang dikembangkan pada KJA masyarakat seperti Nila, Ikan Mas dan Patin harganya sangat tinggi,” kata Muda.

Dia menargetkan, prospek perikanan budidaya yang ada di kabupaten itu ke depan tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan ikan di Kubu Raya, tetapi juga harus bisa menembus pangsa ekspor.

“Makanya, kita akan terus menggiring program ini agar perikanan Kubu Raya bisa menjadi produk unggulan selain beras lokal yang sudah menunjukkan hasil baik dalam meningkatkan kesejahteraan petani,” tuturnnya. (kalimantannews)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.