Produksi Ikan Nila Sulut Capai 33.000 Ton

Produksi Ikan Nila

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memproduksi ikan nila berkisar 33.000 ton pada tahun 2012, atau mengalami kenaikan sekitar 32 persen dari produksi 2011 yang mencapai 25.000 ton.

“Peningkatan produksi ikan nila tersebut menyusul keberhasilan budi daya petani di 12 dari 15 kabupaten yang ada di Sulut,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Sulut, Ronald Sorongan, di Manado, Minggu.

Ronald mengatakan bahwa produksi tertinggi terjadi di Kabupaten Minahasa yang meningkat hingga 25.400 ton, tahun sebelumnya sebanyak 19.140 ton.

“Kabupaten Minahasa selama ini menjadi penyuplai terbesar produksi ikan nila, terutama karena adanya budi daya petani di Danau Tondano serta kawasan lainnya di antaranya kawasan sungai dan tambak,” kata Ronald.

Keberhasilan budi daya di daerah penghasil ikan tersebut, kata dia, mampu tercapai dengan baik juga karena topangan program benih gratis di beberapa daerah.

Produksi ikan nila Kabupaten Minahasa yang sebanyak 25.400 ton tersebut, lanjut dia, mampu menguasai 77 persen dari total produksi Sulut setiap tahun.

Selain Kabupaten Minahasa, kata Ronald, daerah lainnya di Sulut yang menjadi daerah penghasil ikan nila relatif cukup besar, yakni Kabupaten Minahasa Utara berkisar 1.780 ton dan Minahasa Selatan 1.430 ton.

Berikutnya, Minahasa Tenggara 900 ton, Tomohon 890 ton, Bolaang Mongondow 840 ton, Bolaang Mongondow Selatan 730 ton, Bolaang Mongondow Timur 520 ton, Bolaang Mongondow Utara 290 ton, Manado 130 ton, Bitung 70 ton, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe 20 ton.

Ikan nila, kata Ronald, merupakan salah satu ikan air tawar yang semakin diminati masyarakat Manado, bahkan mulai menyaingi konsumsi ikan laut.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, ikan nila hanya dikonsumsi saat hari raya keagamaan. Akan tetapi, saat ini ikan nila oleh sebagian warga sudah menjadi konsumsi setiap hari. Selain itu, sudah menjadi menu andalan restoran dan rumah makan yang ada di Manado dan daerah lainnya di Sulut,” kata Ronald. (Sumber : Berita Daerah)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.