Produksi Benih Ikan Kab. Bandung Ditarget 17.5 Juta Benih

Indukan Nila Nirwana

Kabupaten Bandung menargetkan produksi benih ikan pada 2013 sebanyak 17,5 juta benih. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 15 juta benih. Benih tersebut yakni berasal dari tiga jenis yang kini terus dikembangkan.

Ikan Mas Strain Majalaya, Nila Nirwana, dan Lele Sangkuriang merupakan benih yang kini dibudidayakan di Balai Benih Ikan (BBI) UPTD Pembenihan Ikan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung, di Jalan Ciparay Pacet KM 3, Kelurahan Sagaracipta, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

“Ikan Nila Nirwana, Lele Sangkuriang, dan Mas Strain Majalaya memang menjadi komoditas utama. Selain itu, kita pun ada ikan lain. Namun permintaannya tidak terlalu banyak,” ujar Manajer Pengendali Mutu divisi Ikan Mas Asep Ruhimat di BBI, Senin (18/3/2013).

Dikatakan Asep, kemampuan BBI dalam memrpoduksi benih ikan pun mumpuni dan mengalami peningkatan. Untuk Mas Strain Majalaya, pada tahun 2013 mengalami peningkatan. Dari yang sebelumnya 1 juta, kini menjadi 1,5 juta hingga 2 juta.
“Kemampuan produksi ada peningkatan. Dari 1 juta ekor, menjadi 1,5 juta hingga 2 juta ekor setiap bulannya,” ucapnya.

Asep menjelasakan, dari tiga komoditas utama, ikan Mas Strain Majalaya masih menjadi benih yang paling diminati. Untuk setiap satu kilogram induk. Menurut Asep itu dapat menghasilkan 80 ribu hingga 100 ribu butir telur.

Masih menurut Asep, saat ini BBI pun mendapatkan peningkatan sertifikat. Pada 2013 ini, berhasil diperoleh sertifikat Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB). Dari yang sebelumnya pada 2012 mendapatkan poin C, kini berubah menjadi A.
Untuk ancaman penyakit, benih diberi obat-oabatan herbal. Pasalnya, ikan konsumse dilarang menggunakan obat kimia. “Saat ini nihil dari penyakit. Dan, diharapkan bebas dari penyakit,” ujarnya.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung berada di lahan seluas 32.564 meter persegi. Kemudian, sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi Sumber Daya Air (SDA) melimpah, Kabupaten Bandung akan terus mengembangkan produksi ikan.

Bahkan pada tahun 2015 mendatang, daerah yang memiliki areal budidaya ikan seluas 5.962 hektare mentargetkan untuk memproduksi benih ikan sebanyak 1,58 milyar ekor. Sementara itu, hingga 2011 lalu, produksi benih ikan baru mencapai 1,2 miliar ekor. (Sumber : Pikiran Rakyat)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Produksi Benih Ikan Kab. Bandung Ditarget 17.5 Juta Benih"

  1. silmy January 14, 2014 at 2:42 pm -

    ass. bapak saya sedang mengahadapi penyusunan skripsi dan penelitiannya mengenai ikan nila, bisakah saya melakukan penelitian di BBI?terima kasih

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.