Pembudidaya Gurame Tasikmalaya Butuh Investor

bisnis gurame kolam terpal

Komoditas ikan jenis gurame hingga kini masih merupakan primadona yang diminati masyarakat. walaupun harga ikan gurame termasuk mahal, permintaannya masih cukup tinggi. Termasuk di Kota Tasikmalaya.

Menurut Ade Mulyadi, Ketua Kelompok Tani Sukarame Parakan Honje Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, permintaan di pasar Cikurubuk sendiri mencapai 2 ton per hari.

Bila mengacu pada data itu, kebutuhan ikan gurame Kota Tasikmalaya mencapai puluhan ton per hari. Sayangnya dalam kondisi pasar yang cukup prospektif tersebut, tidak banyak orang yang menekuni usaha perikanan gurame secara profesional dan berorientasi komersial.

Akibatnya walau­pun permintaannya cukup tinggi, pengembangan ikan gurame di Kota Tasikmalaya masih dirasakan minim. Sehingga permintaan ikan gurame Tasikmlaya untuk memenuhi permintaan lokal dan regional saja sulit terpenuhi.

“Kalau untuk permintaan saya kira Cikurubuk saja bisa mencapai 2 ton,” ujar Ade Mulyadi pada kegia­tan penyuluhan perikanan swadaya dalam upaya membangkitkan prospek peri­kanan di Kota Tasik­malaya di Kelompok Tani pembibitan ikan gurame Maju Makmur Kelurahan Gununggede Kec.Kawalu Kota Tasik­malaya, Rabu (13/3) kemarin.

Di Tasikmlaya sendiri lanjut Ade, pembudidayaan ikan gurame baru pada tahap pembenihan dan pendederan saja. Sedangkan untuk pembesaaran masih jarang. Sehingga pemenuhan konsumsi ikan gurame di Kota Tasikmalaya masih didatangkan dari daerah lain.

“Untuk mencoba ke usaha budidaya pembesaran ikan gurame membutuhkan biaya cukup besar.Untuk satu kelompok tani saja biayanya bisa mencapai Rp 100 juta,” katanya. Untuk itu, pihaknya kini sedang berkonsentrasi untuk bisa mendatangkan investor baik perorangan maupun lembaga termasuk dari perbankan.

“Kalau minta dari pemerintah saya kira tidak mungkin dan persyaratannya-pun sangat ribet sehingga kami me­­mi­kirkan investor,” kata Ade. Penyu­luh Perikanan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya Decu Supartini mengakui, dari kelompok budidaya ikan termasuk gurame yang ada di Kota Tasikmalaya belum banyak yang menekuni pembesaran.

“Dari data yang ada jumlah petani budidaya ikan termasuk ikan gurame di Kota Tasikmalaya yang jumlahnya mencapai 251 kelompok tani, semuanya memang bergerak di pembenihan dan pendederan. Sedangkan untuk pembesaran memang belum ada,” katanya. (Sumber : Kabar Priangan)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.