Pembenihan Ikan Mas Menjanjikan Di Kaltim

Benih Ikan Mas Subang

Kolam seluas 24 hektare tempat pemeliharaan bibit ikan mas milik Kelompok Budidaya Perikanan Bina Mitra Usaha (BMU) Desa Ponoragan, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara, ternyata masih kewalahan memasok kebutuhan pasar.

Dalam sepekan, sedikitnya puluhan ribu ekor anakan ikan mas keluar dari desa ini. Usaha budidaya pembibitan anakan ikan mas dan sebagian kecil nila bagi warga Desa Ponoragan, awalnya hanya menjadi mata pencaharian sampingan dari usaha utama mereka bertanam padi.

Namun, sejak ikan mas dan nila menjadi pengganti ikan lokal seperti ikan puyu, biawan, dan lele yang tergantung musim, usaha pengembangbiakan ikan mas dan nila melalui keramba kini menjadi usaha menjanjikan. Misalnya, di sepanjang Sungai Mahakam, kita akan mudah mendapatkan warga memelihara ikan. Dengan maraknya usaha pengembangbiakan ikan dalam keramba, kebutuhan akan bibit ikan juga semakin besar.

Ketua Kelompok Budidaya Perikanan BMU, Maryono, mengatakan, usaha pembibitan anakan ikan mas dan nila yang dimiliki anggota kelompoknya dilakukan di beberapa kolam yang tersebar di desa tersebut. Setiap kolam menurutnya minimal berukuran 20×20 meter.

“Setiap kolam berisi anak ikan antara 30-35 ribu ekor ukuran 2 dan 3 sentimeter,” ujarnya. Pasokan bibit ikan diperoleh melalui pemijahan indukan ikan yang juga dilakukan kelompok itu.

Menurutnya, setiap pecan, pembeli anakan ikan selalu mendatangi kelompoknya. Para pembeli anak ikan itu sebagian besar datang dari berbagai wilayah di Kukar, terutama sentra usaha keramba. Seperti dari Kecamatan Muara Muntai, Kota Bangun, hingga Kecamatan Anggana. Maryono mengatakan, setiap pembeli anakan ikan berusia 2 hingga 3 pekan itu paling kurang 30 ribu ekor dengan harga per ekornya antara Rp 250 hingga Rp 275.

“Itu berarti jika ada pembeli, kami harus menguras semua ikan di kolam,” ujarnya.

Masalahnya sekarang adalah kelompok ini terkendala jumlah kolam pemeliharaan yang masih terbatas. Menurutnya, untuk membangun kolam pemeliharaan ukuran 20×20 meter, butuh dana cukup besar. Di samping sarana penunjang seperti mesin pompa untuk menguras maupun mengisi air kolam.

“Sedang lahan untuk kolam tidak masalah, karena di Desa Ponoragan, wilayahnya masih luas,” katanya. (Sumber : Kaltim Post)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

2 Comments on "Pembenihan Ikan Mas Menjanjikan Di Kaltim"

  1. hendra May 31, 2013 at 4:42 pm -

    jual bibit ikan air tawar yg sedang mencari bisa hubungi 081346327428 posisi kaltim
    bibit ikan mas
    bibit ikan nila
    bibit ikan lele
    bibit ikan patin

  2. Yosep October 2, 2013 at 2:11 am -

    Assalamu alaikum wr. wb

    Saya Yosep dari Kota Bangun SP2, Saya menyediakan bibit ikan mas, nila,lele, patin. dan saya juga menyediakan nener ikan mas bagi petani ikan yang memerlukan untuk di besarkan lagi jadi bibit dan dijual. jika ada yang mau kerja sama penyediaan bibit ikan bisa menghubungi saya. bisa antar sampai tempat.

    Bisa menghubungi saya Hp : 082155689988

    Salam sukses.

    Wassalamu alaikum wr wb.

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.