Pembenih Lele Pandeglang Kesulitan Cacing Sutera

Cara Budidaya Cacing Sutra

Pebudidaya benih lele di Kabupaten Pandeglang kesulitan mendapatkan cacing sutera sebagai pakan utama benih ikan itu karena pasokan dari Tangerang terhenti.

Beberapa petani pembenih lele ketika ditemui di Pandeglang, Sabtu, mengaku mengurangi jumlah pembenihan, bahkan ada yang berhenti untuk sementara waktu.

“Biasanya saya sekali memijahkan atau menelurkan lele empat hingga lima ekor, tapi sekarang hanya satu ekor, karena sulit mendapatkan cacing sutera,” kata seorang petani pembenih lele di Kampung Sukasari, Kelurahan Pagadungan, Pandeglang, Nano.

Ia mengatakan empat ekor lele bisa memproduksi benih antara 30 ribu-40 ribu ekor dengan kebutuhan cacing sutera sekitar 100 kilogram.

“Benih lele harus dikasih makan cacing sejak baru menetas hingga berumur 20 hari, setelah itu baru diganti dengan pakan pabrikan. Harga cacing dalam kondisi normal Rp11 ribu per kilogram,” katanya.

Saat ini, dia hanya memijahkan satu ekor indukan dengan produksi sekitar 10 ribu ekor, sedangkan kebutuhan normal cacing sutera 25 kilogram.

Ia mengaku telah mendatangi beberapa pedagang cacing sutera yang menjadi langganannya, akan tetapi seluruhnya kosong. Mereka menginformasikan bahwa saat ini tidak ada pasokan.

Seorang petani pembenih lele di Kampung Pasirandu, Kelurahan Pagadungan, Maman, mengaku sudah tiga pekan ini tidak memijahkan lele karena sulit mendapatkan cacing.

“Benih lele kalau tidak diberi makan cacing sutera, banyak yang mati, karena itulah saya memilih untuk berhenti dulu. Kalau dipaksanakan juga akan rugi,” katanya.

Seorang pedagang cacing sutera di Kadupereng, Edi, mengaku sudah dua pekan terakhir ini tidak mendapat pasokan, menyusul terjadinya banjir di Tangerang.

“Saya mendapat pasokan dari Tangerang, dan cacing itu diambil dari sungai di daerah itu. Sekarang sungainya banjir jadi praktis pasokan tidak ada,” katanya.

Ia mengaku setiap hari ada petani pembenih yang datang untuk menanyakan cacing sutera.

Dalam kondisi normal Edi bisa menjual 100-200 kilogram cacing sutera per hari. (Sumber : Bisnis)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.