Pasaman Barat Siap Pasok Bibit Ikan Air Tawar

Benih Ikan Nila Merah

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, siap menjadi pemasok bibit ikan air tawar dengan kualitas tinggi sehingga warga tidak perlu lagi membeli bibit keluar daerah.

“Kita terus berupaya memenuhi kebutuhan warga akan bibit ikan tawar karena potensi di bidang itu cukup tinggi. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan membangun Balai Benih Ikan,” kata Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R saat peremian Balai Benih Ikan (BBI) Jorong Sungai Janiah, Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau, Selasa.

Dia mengatakan, impian masyakat Talamau yang sudah puluhan tahun untuk mendapatkan benih ikan tawar berstandar menjadi akan menjadi kenyataan.

Menurutnya, dengan adanya BBI akan menghasilkan benih ikan unggul. Hal ini adalah usaha pemerintah yang betul-betul untuk kesejahteraan masyarakat Talamau. Untuk itu, kedepan pemerintah daerah akan terus mengawal, serta memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang budidaya ikan yang baik.

“Saya yakin usaha sekarang ini akan berlanjut dan sukses,” tegasnya.

Kedepannya, Pemkab Pasaman Barat berupaya mengembangkan BBI Talamau serta mempercantik kawasan tersebut. Sehingga BBI Talamau bisa menjadi objek wisata dan pusat study penelitian ikan tawar nantinya.

Adapun fasilitas lain yang akan dibangun seperti pembangunan pagar, pengaspalan jalan hingga ke lokasi BBI juga membenahi arena sekitar kawasan BBI

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pasaman Barat, Nelyarwisma mengatakan jumlah produksi perikanan laut hasil tangkapan nelayan di Pasaman Barat sebesar 86.563 ton pada tahun 2012.

Hasil itu diperoleh oleh 5.475 orang nelayan yang ada di Pasaman Barat. Sementara potensi perikanan budidaya seluas 1. 167,78 hektare. Termanfaatkan seluas 122,02 hektare atau 10,5 persen. Tapi sudah menghasilkan produksi ikan sebesar 3.056,3 ton pertahun.

“Jika 50 persen saja termanfaatkan, Pasaman Barat bisa menghasilkan sekitar 15.000 ton ikan budidaya pertahun,” katanya.

Dia menjelaskan, Pasaman Barat memiliki luas perairan sekitar 46.263 hektar dan memiliki 2 unit pangkalan pendaratan ikan atau PPI dan sembilan unit Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Potensi pengolahan ikan yang mampu memproduksi 7.176 ton pertahun juga sumber penghasilan masyarakat yang tidak sedikit jumlahnya.

“Dari 9 TPI dua diantaranya sarana pemerintah yang berada di PPI Aia Bangih dan Sasak dengan melayani sekitar 65 unit kapal nelayan,” jelasnya.  (Sumber : Antara)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Pasaman Barat Siap Pasok Bibit Ikan Air Tawar"

  1. jhony November 30, 2013 at 3:15 pm -

    Saya Budidaya pembenihan lele sangkuriang dan jumbo…..
    Bisa hubungi sya di no hp:081277952684

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.