Lele Sangkuriang : Ras Baru Lele Dumbo Yang Lebih Unggul

panenlelesangkuriang

Banyak orang mengira Lele Sangkuriang merupakan jenis lele baru yang sama sekali berbeda dengan lele dumbo. Padahal sejatinya Lele Sangkuriang adalah lele dumbo juga. Atau lebih tepatnya ras baru lele dumbo yang dikembangkan untuk mengembalikan kualitas lele dumbo seperti ketika kali pertama di datangkan di Indonesia.

Lele Dumbo sendiri pertama diperkenalkan di tanah air sekitar tahun 1985. Dengan sejumlah keunggulannya yakni cepat besar, lebih tahan penyakit, mampu menghasilkan telur dalam jumlah besar dan budidayanya mudah dilakukan maka Lele Dumbo kemudian mampu menyedot minat masyarakat untuk membudidayakan Lele Dumbo.

Dalam waktu singkat semenjak diperkenalkan, Lele Dumbo berkembang menjadi salah satu primadona budidaya ikan air tawar di Indonesia. Bahkan Lele Dumbo kemudian menjadi penyumbang terbesar produksi perikanan budidaya nasional.

Namun kepopuleran Lele Dumbo ini tampaknya justru menjadi bumerang bagi Lele Dumbo sendiri. Saking banyaknya orang yang membudidayakan Lele Dumbo maka banyak pula yang mencoba memijahkan sendiri Lele Dumbo tanpa memperhatikan cara pembenihan ikan yang baik.

Akibatnya Lele Dumbo yang kini beredar luas di masyarakat mengalami penurunan kualitas. Lele Dumbo yang ada saat ini kualitasnya jauh berbeda dibandingkan Lele Dumbo awal yang kali pertama diperkenalkan di Indonesia.

Penurunan kualitas Lele Dumbo tersebut dapat diketahui dari laju pertumbuhan Lele Dumbo yang kini kian lambat, lebih rentan terhadap penyakit dan respon terhadap pakan tambahan kian menurun.

Penyebab penurunan kualitas Lele Dumbo ini tak lain adalah perkawinan inbreeding (sekerabat) dan seleksi induk yang asal-asalan.

Tanggap dengan hal ini, BBPBAT Sukabumi kemudian melakukan upaya untuk mengembalikan kualitas Lele Dumbo agar mendekati kualitas seperti ketika kali pertama didatangkan di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan melalui proses silang balik (backcross) dengan cara mengawinkan induk Lele Dumbo betina generasi kedua (F2) yang merupakan keturunan kedua Lele Dumbo yang pertama kali didatangkan di Indonesia dengan induk Lele Dumbo jantan generasi keenam (F6).

Upaya silang balik ini ternyata menghasilkan benih Lele Dumbo yang lebih unggul dan mendekati kualitas Lele Dumbo seperti ketika kali pertama diperkenalkan di Indonesia. Setelah disebarkan dan diujicoba secara terbatas, akhirnya pada tahun 2004 benih Lele Dumbo hasil silang balik tersebut secara resmi dilepas ke masyarakat oleh Departemen Kelautan dan Perikanan.

Lele Dumbo hasil silang balik inilah yang kemudian dikenal luas di masyarakat sebagai Lele Sangkuriang.

 

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Lele Sangkuriang : Ras Baru Lele Dumbo Yang Lebih Unggul"

  1. Baharuddin September 9, 2012 at 2:01 pm -

    kami baru mau mencoba budi daya ikan lele dumbo sangkuriang tolong petunjuk dari teman yang senior

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.