Ini Dia 5 Ikan Hias Favorit Orang Indonesia

Budidaya Ikan Arwana

Memelihara ikan hias adalah salah satu hobi yang banyak diminati orang Indonesia. Ya, selain dilihat dari segi keindahan dan kecantikannya dipandang mata, memelihara ikan hias seakan sudah menjadi penawar kepuasan batin tersendiri. Terlebih kian bermunculannya kontes ikan hias dengan hadiah menggiurkan dari segi ekonomi.

Setidaknya ada beberapa ikan hias air tawar yang paling diburu dan banyak dipelihara para penggila ikan hias di Indonesia. Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum Okezone:

Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan salah satu jenis ikan air tawar dari perairan Asia Tenggara. Jenis ikan hias arwana paling populer ialah Arwana Asia (Scleropages Formosus). Ikan bertubuh panjang dan warna keperakan itu lazim disebut sebagai “Ikan Naga”.

Penyematan nama itu kerap dihubung-hubungkan dengan naga menurut mitologi Tionghoa. Ikan Arwana menjadi ikan hias air tawar yang paling banyak digemari para penghobi ikan hias di Tanah Air bahkan mancanegara.

Ikan Louhan

Ikan Lou Han adalah ikan hias air tawar cukup populer yang dipelihara di dalam aquarium. Ikan ini memiliki ciri khas warna sisik kemilau dah hidup, serta benjolan (jenong) di bagian kepalanya.

Ikan Louhan awalnya memiliki habitat di Taiwan dan Malaysia. Namun, lambat laun ikan ini sudah banyak dipelihara di seluruh dunia dan tetap memiliki fans setianya.

Ikan Koi

Koi adalah jenis ikan hias yang kerap kita jumpai di setiap rumah para penggilanya. Ikan ini berasal dari negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Belakangan ikan ini semakin banyak tersebar di wilayah Jepang dan negara Asia lainnya termasuk di Indonesia.

Ikan Koi ternyata masih kerabat dengan ikan mas. Banyak kalangan meyakini bahwa memelihara ikan koi akan dapat membawa keberuntungan (hoki).

Ikan Guppy

Ikan kecil berwarna-warni ini diakui menjadi salah satu ikan paling eksotis. Dahulu, ikan yang suka berkerumun dan tidak lebih besar dari jari kelingking ini pernah berharga sangat mahal.

Ikan yang memiliki nama lain ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar (Poecilia Reticulata) juga termasuk ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Mudahnya menyesuaikan diri (adaptasi) dan berkembang biak membuat ikan ini menjadi liar dan memenuhi parit-parit dan selokan.

Ikan Cupang Hias

Satu lagi ikan hias air tawar yang memiliki penggemar setia adalah ikan cupang hias. Ikan cupang hias memiliki bentuk dan karakter unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Habitat ikan ini terdapat di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ikan cupang yang favorit dijadikan ikan hias yaitu Ikan Cupang Slayer maupun jenis Plakat Fancy.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.