Genjot Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Lahan 1000 Ha

Biskuit Ikan Patin

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mempercepat pembangunan industrialisasi di sektor perikanan budidaya dengan menggenjot produktivitas perikanan budidaya (akuakultur). Untuk memotivasi masyarakat pembudidaya dalam mengoptimalkan kembali lahan tambak di Pantura Jawa, KKP tengah membuat model percontohan berupa demfarm seluas 1.000 Ha.

“Demfarm tersebut akan menerapkan teknologi yang sesuai dengan persyaratan tumbuh kembang udang sehingga dapat lebih memberi kepastian untuk keberhasilan budidaya udang secara nasional,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo dalam pertemuan tahunan International Conference of Aquaculture Indonesia (ICAI) 2012 di Semarang, seperti dikutip dalam keterangannya, Sabtu (24/11).

Sharif menyampaikan, model demfarm ini diharapkan dapat berhasil dengan baik. Pasalnya KKP telah menerapkan teknologi yang sesuai sehingga dapat merubah wajah dan kondisi usaha budidaya udang dari yang high risk menjadi measurable risk. Selain itu, langkah lainnya untuk menggenjot perikanan budidaya antara lain dengan sertifikasi perbenihan dan pembudidayaan guna menghasilkan produk yang menganut jaminan mutu.

Selain itu, KKP terus mempercepat pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana budidaya, pengembangan kerja sama dan kemitraan dengan perbankan maupun lembaga pembiayaan lain. Hasilnya, KKP telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Perbankan untuk mendukung keberhasilan kegiatan industrialisasi perikanan budidaya terutama untuk industrialisasi udang.

Akselerasi industrialisaasi perikanan budidaya tersebut menyasar pada komoditas unggulan yakni, udang, rumput laut, bandeng dan patin. Komoditas unggulan tersebut memiliki potensi pengembangan yang besar, potensi pasar, serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Meningkatnya produktivitas perikanan budidaya dapat memenuhi permintaan masyarakat akan ikan yang terus meningkat.

Tercatat, produksi perikanan budidaya sendiri menunjukkan grafik positif berupa kenaikan signifikan, dari produksi sebesar 4,78 juta ton pada 2010 meningkat menjadi sebesar 7.928.962 ton pada 2011. (xl)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.