Gemar Makan Ikan Cegah Tekanan Darah Tinggi

Gemar Makan Ikan

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat membahayakan kesehatan karena dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, Anda dapat mengontrol tekanan darah dengan lebih mudah.

Sebuah studi acak terkontrol yang dilakukan oleh para peneliti dari Department of Medicine, Maulana Azad Medical College dan Lok Nayak Hospital, di New Delhi menemukan bahwa konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah hipertensi.

Studi tersebut melibatkan 100 pasien yang telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi. Sekitar 20 pasien diminta menjalani diet terkontrol asam lemak omega-3 sebanyak 0,6 gram per hari selama 4 minggu, sedangkan 20 pasien lainnya diminta mengonsumsi 1,2 gram asam lemak omega-3 per hari.

Diet asam lemak omega-3 tersebut berlangsung selama 4 minggu dan tekanan darah pasien terus dipantau hingga 6 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa kedua kelompok yang mengonsumsi asam lemak omega-3 mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 paling banyak ditemukan pada ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sehingga konsumsi makanan-makanan ini dapat membantu mengontrol tekanan darah.

“Sebagian besar orang antara usia 20 hingga 60 tahun mengalami peningkatan tekanan darah dan banyak yang memiliki tekanan darah tinggi pada usia paruh baya,” kata Dr. Jeremiah Stamler, pemimpin penelitian dan seorang profesor di Northwestern University, Chicago, seperti dilansir naturalnews, Kamis (3/1/2013).

Oleh karena itu, seseorang memerlukan asupan asam lemak omega-3 untuk mendapatkan manfaat perlindungan terhadap tekanan darah tinggi di usia berapapun.

Hasil penelitian ini kemudian dipublikasikan dalam jurnal Circulation American Heart Association, dimana seseorang yang diet tinggi asam lemak omega-3 memiliki tekanan darah yang sedikit lebih rendah dibandingkan orang yang kurang mengonsumsi asam lemak omega-3. (Sumber : Detik Health)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.