Ekspor Ikan Hias Ditarget 70 USD

Budidaya Ikan Arwana Super Red

Nilai ekspor ikan hias Indonesia pada tahun 2013 diperkirakan mencapai US$70 juta atau sekitar Rp764 miliar, naik 20 persen dari sekitar US$58 juta pada tahun 2012.

“Ekspor ikan hias tahun ini (2013) diproyeksikan meningkat antara 10-20 persen,” kata Suseno setelah menyambut kedatangan delegasi untuk Pengembangan dan Penelitian Perikanan Pesisir Thailand di Jakarta, Senin.

Menurut Suseno, optimisme pertumbuhan ekspor ikan hias tersebut didorong perkembangan budidaya ikan hias Indonesia yang menunjukkan peningkatan siginifikan pada beberapa tahun terakhir.

Sebagai gambaran diutarakannya, pada Maret 2013 sesuai data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) nilai ekspor ikan hias Indonesia terus meningkat atau mencapai 115,16 persen dari target yang ditetapkan.

Peningkatan nilai ekspor, kata Suseno, selain didukung pengembangan budidaya ikan hias baik air tawar maupun air laut, juga difasilitasi dengan kerja sama yang dijalin dengan sejumlah negara, termasuk Thailand, sebagai pemain penting dalam pasar ikan hias dunia.

Ia menjelaskan, nilai ekspor ikan hias dari Thailand hampir dua kali lipat dari Indonesia, yakni mencapai 110 juta dolar AS pada 2012.

Selain itu diutarakan Suseno, Thailand memiliki keunggulan di budidaya ikan hias air tawar, sedangkan Indonesia memiliki kelebihan di sektor pengembangan ikan hias air laut.

Dengan begitu diharapkan, kedatangan delegasi Thailand pada pekan ini, dapat memberikan kesempatan untuk kedua pihak agar bertukar pengalaman dan kemampuan dalam mengembangkan budidaya ikan hias.

Selama ini, pangsa pasar eskpor ikan hias Indonesia paling banyak adalah Singapura kemudian juga Amerika Serikat.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia, Indra Wijaya mengatakan selain Singapura, Amerika Serikat, negara-negara Uni Eropa juga menjadi sasaran ekspor ikan hias Indonesia.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto beberapa waktu lalu memaparkan, potensi ikan hias Indonesia baik dari segi produksi maupun jenisnya sebanyak 450 spesies dari total 1.100 spesies ikan hias air tawar di dunia.

Sedangkan untuk ikan hias air laut Indonesia memiliki lebih dari 700 jenis spesies. (Sumber : Investor Daily)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.