Cara Membuat Starter Probiotik Untuk Lele Sangkuriang

probiotik pelepah pisang

Probiotik kian menjadi andalan para pembudidaya ikan untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Tak terkecuali pada budidaya Lele Sangkuriang. Banyak pembudidaya Lele Sangkuriang yang menggunakan probiotik baik untuk menjaga kesehatan kolam Lele maupun untuk memacu pertumbuhan Lele Sangkuriang.

Probiotik pada dasarnya merupakan larutan yang berisi mikroba/bakteri hidup yang menguntungkan bagi inang dalam hal ini adalah Lele Sangkuriang yang dibudidayakan. Ada dua jenis probiotik yang umum digunakan dalam budidaya lele.

Pertama adalah probiotik untuk menyuburkan dasar kolam sekaligus menjaga kualitas air kolam. Kemudian jenis probiotik kedua adalah probiotik yang dicampurkan ke dalam pakan lele. Tujuan penggunaan probiotik jenis ini adalah untuk merangsang nafsu makan lele, mengoptimalkan asupan makanan sekaligus sebagai imunisasi agar ikan lele lebih tahan penyakit dan tidak gampang stress.

Saat ini telah banyak starter probiotik buatan pabrik yang beredar di pasaran. Anda dapat dengan mudah menjumpai produk probiotik tersebut di toko pakan ternak.

Selain probiotik pabrikan, anda juga bisa membuat sendiri starter probiotik. Bahan pembuatan starter probiotik tersebut juga tidak sulit untuk didapatkan. Misalnya kita bisa membuat starter probiotik menggunakan bahan pelepah pisang. Berikut ‘resep’ cara membuat starter probiotik pelepah pisang dari Omah Tani.

Bahan Pembuatan Starter Probiotik Pelepah Pisang

  1. 40 cm pelepah atau gedebog pisang yang busuk di bagian pinggir (harus yang benar-benar busuk karena berarti ada bakterinya)
  2. ¼ kg gula merah atau tetes murni
  3. 4-5 liter air leri (pususan beras) kental

Cara Pembuatan Starter Probiotik  Pelepah Pisang

  1. Pelepah pisang dicacah sampai lembut
  2. Gula dilarutkan dalam air leri
  3. Pelepah pisang dimasukkan dalam larutan gula dan air leri, diremas-remas, diperas (supaya bakterinya terlepas) kemudian diaduk
  4. Setelah semuanya tercampur, larutan disaring dan dimasukkan dalam jerigen plastik atau drum kemudian di tutup.
  5. Setelah 3 hari dilihat, bila berbusa maka busa harus dibuang
  6. Biarkan selama 5-7 hari
  7. Tanda-tanda probiotik telah jadi adalah berbau seperti tape
  8. Untuk memelihara bakteri tetap hidup maka larutan diberi gula dan dedak.

Cara Penggunaan Starter Probiotik Pelepah Pisang Pada Budidaya Lele Sangkuriang

Probiotik ini digunakan pada saat proses pemupukan sebelum kolam digunakan. Caranya masukkan pupuk kandang seperti kotoran sapi atau kambing ke dalam kolam. Campur starter probiotik pelepah pisang dan air dengan perbandingan 1:1 kemudian aduk secara merata.

Tebar larutan probiotik tersebut secara merata ke dalam kolam yang sebelumnya telah diberi pupuk kandang. Biarkan selama kurang lebih 7 hari (Ulangi pemberian larutan probiotik pada hari ke-3 atau ke-4 setelah pemberian pertama).

Setelah 7 hari, isi kolam dengan ketinggian air sekitar 20-30 cm kemudian biarkan selama 3-4 hari. Setelah itu isi air dengan ketinggian maksimal, endapkan minimal sehari semalam kemudian bibit Lele Sangkuriang siap ditebar.

 

 

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

6 Comments on "Cara Membuat Starter Probiotik Untuk Lele Sangkuriang"

  1. UMMI USWAH June 4, 2012 at 7:26 am - Reply

    ASS…NUMPANG NANYA,PA KALO KOTORANNYA LANGSUNG DITEBAR GITHU PA G BAU TRUSS ADA YANG BILANG HARUS DI KOMPOSIN DULU…LEBIH EFECTIF YANG MANA?DITUNGGU JAWABANNYA..SYUKRON

    • budidayaikan June 4, 2012 at 11:31 am - Reply

      Lebih bagus memang menggunakan kompos. Alternatif lain cari pupuk kandang yang sudah kering, ratakan di dasar kolam atau dilokasi lain yang terkena sinar matahari langsung kemudian siram dengan probiotik pelepah pisang secara merata. Pada hari ke-3 atau ke-4 pupuk kandang dibolak-balik sembari diulangi pemberian probiotik pelepah pisang. Biarkan selama kurang lebih 4 hari kemudian kolam siap di isi air.

  2. mimbar July 11, 2012 at 4:51 am - Reply

    probiotik stater buatan sendiri apa bisa dimasukkan ke kolam yang sudah ada ikannya

  3. mimbar July 11, 2012 at 4:53 am - Reply

    batas waktunya bertahan sampai berapa lama setelah pembuatan probiotik pelepah pisang jadi.

  4. Iqbal October 29, 2012 at 12:43 pm - Reply

    Apa bisa dimasukan pada saat ikan sudah di tebar ? Dan apa bisa untuk lele dumbo ?

  5. rin November 16, 2012 at 12:10 pm - Reply

    kayaknya blog ini sudah di tinggalkan pemiliknya..
    Pdhal aq mau nanya2..

Leave A Response