Pacu Pertumbuhan Ikan Nila ? Potong Saja Siripnya

Memacu Pertumbuhan Nika

Ikan Nila yang cepat besar dan bobotnya maksimal tentunya menjadi idaman bagi para pembudidaya Ikan Nila. Ada banyak cara yang dikembangkan untuk memacu pertumbuhan ikan nila, salah satunya adalah teknik memotong sirip ekor ikan nila.

Teknik memacu pertumbuhan ikan nila temuan seorang dosen biologi Universitas Negeri Gorontalo bernama Margaretha Solang ini mungkin terdengar aneh. Namun cara ini telah dibuktikan ‘keampuhannya’ oleh para pembudidaya ikan nila di Danau Limboto Propinsi Gorontalo.

Teknik memotong sirip ekor ikan nila ini sebenarnya sangat masuk akal. Sirip ekor ikan nila merupakan titik tumpu pergerakan ikan nila. Dengan memotong siripnya secara tegak lurus, pergerakan ikan nila pun menjadi berkurang. Jika pergerakan ikan nila berkurang maka energi yang dihabiskan menjadi lebih sedikit. Hasilnya, asupan makanan nila tidak habis terbakar menjadi energi melainkan menjadi daging.

Inilah mengapa ikan nila yang dipotong sirip ekornya mengalami pertumbuhan dan penambahan bobot yang pesat. Tentu saja masa panen ikan nila menjadi lebih cepat, yakni sekitar 2 – 2.5 bulan.

Teknik pemotongan sirip ekor mulanya diterapkan di Desa Dembe yang berlokasi di sekitar Danau Limboto. Dana bantuan Ditjen Pendidikan Tinggi sebesar Rp 49 juta digunakan Margaretha untuk membuat empat jaring apung percontohan, masing-masing berukuran 6 meter x 6 meter dan berisi 1.500 bibit ikan.

Setelah ikan nila berusia sebulan, Margaretha dan sejumlah mahasiswa jurusan biologi memotongi sirip ekor ikan nila. Panjang sirip ekor yang dipotong tak lebih dari 2 sentimeter agar ikan tidak terluka dan infeksi akibat terkena bagian tulangnya.

Hasil pemotongan sirip ekor itu sudah tampak hasilnya 1-1,5 bulan kemudian. Inovasi ini juga sukses menambah nilai jual ikan nila. Jika biasanya 1 kilogram ikan nila berisi enam ekor, maka dengan teknik potong sirip ini per kilogramnya hanya berisi tiga ekor saja.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Pacu Pertumbuhan Ikan Nila ? Potong Saja Siripnya"

  1. dadang ridwan November 21, 2012 at 1:34 pm - Reply

    mas mo tanya klo ikan nila bagusnya di air yang deras ato d air yang tenang?trims

Leave A Response