Budidaya Ikan Patin Kolam Terpal Digalakkan Warga Plupuh

Bisnis Budidaya Ikan Patin

Kelompok tani di Desa Jembangan, Kecamatan Plupuh, Sragen mengembangkan pembudidayaan ikan patin menggunakan media kolam terpal.

Mereka memanfaatkan air dari Pamsimas yang sebelumnya terbatas karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum dan MCK, petani di Desa Jembangan tengah menggandrungi pembudidayaan ikan patin di kolam terpal. Mereka tersebar di beberapa dukuh, tetapi jumlah terbanyak di Dukuh Jengglong, karena terkumpul dalam satu kompleks.

Dalam rilisnya, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Sragen, Totok Sutrisnanto mengatakan, para petani tersebut mendapatkan bantuan benih patin secara cuma-cuma sebanyak 200 ekor/orang.

Membudidayakan ikan patin sebenarnya tidak beda jauh dengan budidaya ikan lele. Hanya saja, kualitas air perlu dijaga agar tidak terlalu keruh. Prospek budidaya ikan patin juga lebih menjanjikan dibandingkan ikan lele, walaupun untuk panen harus menunggu 6-8 bulan.

Sementara ini usaha pembesaran ikan patin lebih diarahkan untuk peningkatan gizi keluarga, di samping itu untuk ke depannya bisa dimanfaatkan untuk peningkatan income. Karena harga ikan patin di pasaran lebih tinggi yaitu Rp 14.000/kg, sedang ikan lele sekitar Rp 12.000/Kg.

Untuk pembudidayaan ikan patin dalam kolam ukuran 2 x 3 meter, bisa ditebar benih ikan patin sebanyak 200 ekor/kolam. Ikan patin ini bisa dipanen dalam bulan keenam. Berat ikan patin ini minimal bisa mencapai 6 hingga 7 Ons/ekor, tetapi jika dibudidayakan lebih lama, berat ikan juga semakin berkembang.

Saat ini budidaya ikan patin di Kecamatan Plupuh di kolam terpal telah dilakukan oleh 36 anggota Kelompok Tani Ngudi Rejeki I. (Sumber : Timlo)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Budidaya Ikan Patin Kolam Terpal Digalakkan Warga Plupuh"

  1. bisnis rumahan May 19, 2014 at 1:21 am -

    saya tertari untuk budidaya ikan patin, namun sepertinya ikan ini masih sangat asing dan mnim pembeli. adakah pembeli atau pengepul di daerah banyumas? http://bisnisrumahan19.blogspot.com

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.