Budidaya Ikan Guppy Menggunakan Ember

Budidaya Ikan Guppy Pakai ember

Pembudidaya ikan hias guppy, Yudi Kasim membudidayakan beberapa strain guppy seperti Dragon, Moskow Blue, German Tuxedo White Tail dan Blue Grass. Tempat membudidayakannya sebagian menggunakan akuarium dan wadah lain seperti ember plastik.

Menurutnya, menjodohkan guppy siap kawin dalam satu wadah dapat menerapkan satu jantan dan lima betina atau kelipatannya. Selain itu bisa juga pejantannya dapat ditambah sampai dua ekor. “Rata-rata setiap 21 hari, betina guppy akan beranak minimal 100 ekor. Anakan sebaiknya dipisah, karena indukan bersifat kanibal. Tapi kalau tempat penangkarannya luas dan ada tanaman-tanaman airnya, bisa tidak dipisah,” papar Yudi.

Ditemui di lokasi pembudiyaan ikan guppy-nya kawasan Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yudi menjelaskan, apapun tempat pemeliharaan guppy diusahakan untuk mampu menjaga kualitas airnya. Adanya tanaman air seperti ekor kunci diharapkan mampu mendukung kualitas air, karena dapat membantu menyerap zat-zat racun di air. Selain itu dapat untuk bersembunyi anakan-anakan guppy. Kualitas air akan lebih bagus lagi jika dilengkapi mesin aerator yang dapat membantu menghilangkan gas-gas dalam air serta mendukung sirkulasi udara. Sedangkan penambahan piranti filter menjadikan air terjaga kejernihannya.

“Rata-rata tiga hari sekali kotoran di tempat membudidayakan guppy perlu disedot. Jika bisa sehari sekali lebih bagus juga. Air lama dengan disisakan sekitar 25 persen saja lalu ditambah air baru,” jelas Yudi.

Guppy dengan strain masih asli atau belum dikawinsilangkan, sebutnya, dihargai lebih mahal. Strain asli Dragon termasuk yang masih mahal, yaitu dibanderol Rp 400.000/pasang (sudah dewasa). Strain Fullred Taiwan Rp 350.000/pasang dan strain Multi Colour Kobra dengan harga Rp 50.000/pasang. Lain halnya dengan indukan strain campuran/silangan, rata-rata Rp 15.000/pasang. (Sumber : KR Jogja)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

2 Comments on "Budidaya Ikan Guppy Menggunakan Ember"

  1. penggemar ikan guppu May 21, 2014 at 12:17 pm -

    ketinggian air brapa cm?

  2. wingwiwit August 4, 2014 at 8:44 pm -

    MAkana untuk anakan yang paling baik itu apa???

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.