Budidaya Ikan Gabus, Peluang Usaha Yang Masih Terpendam

Biskuit Ikan Gabus

Entah mengapa budidaya ikan gabus tak sepopuler dengan usaha budidaya ikan lainnya. Padahal potensi ikan gabus cukup besar karena selain mudah dibudidayakan dan enak dikonsumsi, ikan gabus juga kaya khasiat untuk obat berbagai jenis penyakit.

Berdasarkan hasil penelitian, Ikan Gabus alias Ophiocephalus striatus ini mengandung albumin (bagian protein yang sangat penting bagi tubuh manusia) yang sangat tinggi. Sehingga ekstrak ikangabus  ini sangat ampuh untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit misalnya hepatitis, infeksi paru, stroke. Memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak-anak dan ibu hamil serta mempercepat penyembuhan luka.

Karena kandungan dan kelebihannya sejumlah ahli gizi menganjurkan masyarakat lebih banyak mengkonsumsi ikan gabus yang biasanya hidup di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah ini.

Sejumlah ahli gizi di antaranya dari Center for Food, Nutrition, and Health (CFNH) Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar Sulawesi Selatan, Prof. DR. dr. Nurpudji A.Taslim, MPH, SpGK, Dr. dr. Sri Adiningsih MS MCN dari Departemen Nutrisi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga, hingga peneliti dari Universitas Loma Linda California mengatakan, ikan gabus memiliki nilai asam amino yang sangat lengkap, baik esensial maupun non esensial. Selain itu, ikan gabus juga mengandung Allisin, Allil Sulfida dan Furostanol Glicosida.

Karena itu Prof Nurpudji A.Taslin mengatakan seseorang memiliki kandungan albumin rendah disarankan mengkonsumsi ikan gabus, atau ekstrak kapsul ikan gabus maupun biskuit albumin ikan gabus. Dia mencontohkan, jika anak-anak yang berkadar albuminnya rendah harus diberi infus seharga Rp1,4 juta per botol, dengan minimal pemberian 3 botol.

Tetapi jika mengkonsumsi ikan gabus atau kapsul albumin harganya cukup terjangkau, hanya Rp3 ribu per butir. “Bila pemberiannya 2 kapsul ikan gabus sekali minum sehari 3 kali selama 10 hari, biayanya hanya Rp180 ribu,” kata akademisi yang sudah lama memproduksi kapsul ekstrak ikan gabus tersebut.

Sejumlah pengusaha di Semarang, Jawa Tengah saat ini juga sedang giat mengembangkan produksi ekstrak ikan gabus ini. Sayangnya para produsen ekstrak ikan gabus sering terkendala pasokan bahan baku. Karena untuk memproduksi ekstrak ikan gabus kualitas baik dibutukan ikan bagus yang berukuran 1 kg per ekor. Karena kadar protein yang diperoleh dari 1 ekor gabus ukuran 1 kg, lebih tinggi dibandingkan 2 ekor ukuran 500 gram.

Menurut Florentinus, salah seorang pengusaha ekstrak ikan gabus, dalam satu kali produksi dibutuhkan 70-100 kg ikan gabus. Setiap kilogram ikan akan menghasilkan 170-200 cc ekstrak.

Tapi banyaknya manfaat ikan gabus tidak dibarengi dengan kegiatan budidaya sehingga produk ekstrak ikan gabus pun masih sulit diperoleh di pasaran. Padahal budidaya ikan ini tidaklah sulit, cukup dengan pemijahan alami yang dilakukan di dalam bak beton atau fibreglass.

Pemijahan dilakukan di bak betol panjang 5 m dengan air setinggi 50 cm. Sebagai perangsang pemijahan, dimasukan eceng gondok. Masukan pula 30 ekor indukan, kemudian dibiarkan memijah. Setelah itu diambil telurnya. Satu ekor induk bisa menghasilkan telur 10 ribu butir hingga 11 ribu butir, lalu penetasan telur dilakukan di akuarium. Telur akan menetas dalam waktu 24 jam. Sampai dua hari, larva tidak perlu diberi pakan, karena masih menyimpan makanan cadangan.

Pemeliharaan larva ikan gabus dilakukan setelah 2 hari, dengan diberi pakan berupa naupli artemia dengan frekwensi 3 kali sehari. Dari umur 5 hari,larva diberi pakan tambahan berupa daphnia 3 kali sehari. Untuk menjaga kualitas air, dilakukan penyimpanan, dengan membuang kotoran dan mengganti dengan air baru sebanyak 50 persen.

Pendederan I ikan gabus dilakukan di kolam tanah ukuran 200 m2 yang diisi air setinggi 40 cm dan rendam selama 5 hari (air tidak dialirkan). Tebar 4.000 ekor larva pada pagi hari, setelah 2 hari beri 2 kg tepung pellet. Selanjutnya panen benih dilakukan setelah berumur 3 minggu. (inspirasi-usaha/melanoptera)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

23 Comments on "Budidaya Ikan Gabus, Peluang Usaha Yang Masih Terpendam"

  1. deni sugiarto June 11, 2012 at 5:54 am -

    dimana saya bisa mendapatkan benih ikan gabus tuk wilayah palembang

    • Suripto Mangunsuwito January 18, 2014 at 5:20 am -

      wouaah…..wong2 kito dari Palembang itu kan pakarnya ikan gabus…..cari saja yang ukuran berapa ada semua dibawah jembatan Ampera 16 Ilir

  2. candra June 12, 2012 at 3:08 am -

    dimana bisa beli benih dan penjualannya kemana? mohon dijelaskan

  3. muchyar June 15, 2012 at 4:31 pm -

    minta dong teknologinya, coz setau saya cuma smp pembesaran….
    trus pakannya gimana ….?

  4. irnan August 24, 2012 at 9:14 pm -

    untuk benih gabus di palembang… cari aja di pasar burung 16 ilir…pasti ada.
    kalau mau bibit yg banyak cari di daerah kayu agung (danau teluk gelam) bibit ikan toman juga ada di sana.

  5. heni dwi mayanti August 30, 2012 at 1:24 am -

    nyari benih gabus wilayah bekasi / sekitar jkt dimana ya..

  6. firman August 30, 2012 at 1:24 pm -

    Makasih infonya
    Kalo udah panen pemasarannya kemana mas???

  7. Nico August 31, 2012 at 6:02 am -

    Saya pembudidaya ikan gabus, berdomisili di Bintan ( Kepulauan Riau ). Bagi saudara/i yang membutuh kan ikan gabus atau ingin bertanya seputaran ikan gabus silahkan hub: 081364171823.

    Rgds
    Nico

  8. Andry October 3, 2012 at 12:32 am -

    Ad yg tau gk jual bibit belut d palembang?

  9. resa October 28, 2012 at 5:34 am -

    ane punya 2 ikan gabus dapat mancing udah bertahun-tahun lalu, sering banget beranak tapi klw uda agak besar anaknya dmakan indukx. klw mw anakanx mnta aje ama ane nnti ane ksih dripada dmakanin indukx. tpi gara-gara kolam ane kcil ikan gabus ane bntukx beda, ekorx runcing

  10. suryadi November 29, 2012 at 12:25 am -

    saya berminat utk mencoba usaha budidaya ikan gabus.. saya ingin belajar, mohon info utk tempat atau yg bersedia membagi ilmunya. saya ingin lokasi tempat belajar masih di pulau jawa. kalo ada yg bersedia hub saya ya.087778889165 dan 089624683165.

  11. roni December 23, 2012 at 4:37 am -

    saya ingin berbisnis ikan ini,., dan bagai mana cara saya untuk melakukan bisnis ni,., buknya setiap penetasn anak, bukanya ikan in malah memakan anak nduknya sendiri,kalau tidak di pisahkan.,.,cara untuk pemasaran ikan ini sulit,,,,,beri saya cara supaya say bisa menjualkan ikan ini,dan mendapat untung yang maksimal,,,,

  12. yana December 23, 2012 at 7:05 am -

    boleh tau ga? kira2 untuk modal awal budidaya gabus brapa y?

  13. irnan January 20, 2013 at 1:02 pm -

    modal untuk budidaya gabus, sekitar 1.5 jt lah untuk populasi 1000 ekor.. tp itu belum termasuk keramba/kolam lho..
    tapi kalo mau hemat, bisa kok.. 1000 ekor paling abis sekitar 1jt, tp dgn cara :
    1. Bibit cari sendiri di Alam
    2. Pakan ikan jangan 100 % pake pelet.

  14. asep dadan February 15, 2013 at 11:57 am -

    saya di bandung, bagaimana caranya untuk mendapatkan bibit ikan gabus, terima kasih mohon balasannya

  15. Ari February 19, 2013 at 6:24 pm -

    ada yg tau tempat penjualan ikan gabus partai besar & stok nya rutin di daerah Bekasi-Jawa barat?
    sy buka Restorant di Cilegon-Banten,ingin menu tambahan Pindang ikan gabus,cuma kesulitan dapet pemasok yg rutin.
    butuh yg 1ekor 1kg.
    tolong kalau ada yg tau,infoka ya
    Trims :-)

    • Musthofa Al-Marowudiy March 1, 2014 at 4:26 am -

      Assalamu’alaikum . . .
      dimana alamat lengkap anda n siap beli ikan GABUS dengn harga berapa ?

      Dunia sementara – Akhirat Selamanya . . .
      jadikan ikan gabus sbg ladang pembangunan istana AKHIRAT …. !

  16. indra mahendra September 12, 2013 at 3:02 am -

    tuk menghemat pakan,shrus nya kta ternak ikan kcil” aj dl,yg nantinya bs tuk pakan ikan gabus tsb. jdi menghemat biaya/dana pakan

  17. azka September 16, 2013 at 3:41 pm -

    Sedia Ikan gabus Konsumsi segar dan hidup ukuran : 1 kg isi 5-7 ekor, tersedia juga ukuran besar, harga Rp.42.000 /kg info SMS/ TLP: 0878 8374 8685
    Cocok untuk konsumsi rumahan, warung makan, Restoran dan komsumsi pasca operasi, gratis ongkos kirim wilayah Depok minimum pembelian 10kg

  18. yudha January 4, 2014 at 9:26 am -

    di kampung ane banyak banget tuch anakan ikan gabus yg ditangkap di alam liar

  19. Indra May 13, 2014 at 3:38 pm -

    Mas yuda di mana alamat anda ?

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.