Bersihkan Enceng Gondok, Jokowi Gunakan Ikan Grass Carp

budidayagrasscarp

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menebarkan ribuan ekor ikan koan (Ctenopharyngodon idella) di sejumlah waduk di Ibu Kota. Ikan tersebut bermanfaat untuk mengendalikan populasi tanaman gulma eceng gondok di waduk.

“Metode pembersihan ini bersifat biologis dan ramah lingkungan. Ini arahan Pak Gubernur,” ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin melalui siaran pers kepada wartawan, Kamis (12/12/2013).

Penggunaan ikan koan untuk membersihkan tanaman eceng gondok ini juga sudah dilakukan di beberapa daerah, antara lain di Danau Kerinci, Jambi, dan Danau Limboto, Gorontalo.

Unu mengatakan, persoalan kebersihan tidak hanya terjadi di waduk, tetapi juga di permukiman warga. Untuk itu, Dinas Kebersihan menjajaki kerja sama dengan perusahaan swasta untuk membina komunitas 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kerja sama dengan pendanaan corporate social responsibility (CSR) itu telah dilakukan dengan PT Astra International Tbk. Pemprov DKI juga menggandeng akademisi untuk penanganan sampah warga.

“Kita sedang kerja sama pemrosesan sampah secara alamiah dengan beberapa perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung,” ujar Unu.

Menurut Unu, UGM telah berhasil memproses sampah secara alami di Pasar Induk Sayur Mayur Gamping, Yogyakarta. Sampah itu diubah menjadi tenaga listrik yang digunakan untuk penerangan pasar.

Adapun UI tengah menjajaki teknik pengolahan tanaman eceng gondok menjadi etanol. Unsur kimia tersebut bisa digunakan untuk bahan bakar. Sementara itu, ITB juga menciptakan teknik pengolahan sampah di skala kelurahan dan kecamatan yang telah teruji.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, kebersihan di lingkungan perumahan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga masyarakat. Oleh sebab itu, ia mengajak semua warga berperan aktif menjaga kebersihan di lingkungannya sendiri.

“Kita (Pemprov DKI) sudah berkomitmen. Tinggal masyarakatnya saja yang menunjukkan komitmen menjaga kebersihan,” ujar Jokowi. (Sumber : Kompas)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.