Banjar Siap Penuhi Kebutuhan Patin Tanah Air

Biskuit Ikan Patin

Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan siap memenuhi kebutuhan ikan patin dalam negeri karena besarnya potensi pembudidayaan ikan air tawar di kabupaten itu.

“Jika pemerintah menghentikan impor patin maka Kabupaten Banjar siap memenuhi kebutuhan ikan patin dalam negeri,” ujar Bupati Banjar Khairul Saleh di hari lapang (field day) perikanan di Martapura, Selasa.

Ia mengatakan, potensi perikanan di Kabupaten Banjar khususnya jenis ikan patin merupakan yang terbaik di Indonesia bahkan di dunia sehingga bisa di ekspor untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri.

Dijelaskan, kelebihan ikan patin yang dikembangkan pembudidaya baik secara minapolitan maupun kolam skala kecil adalah ukuran dan beratnya yang besar sehingga bisa memenuhi permintaan pasar.

“Kelebihan itu yang sudah diakui baik di Indonesia maupun dunia, tinggal bagaimana sikap pemerintah apakah berani menghentikan impor patin dan menggantikannya melalui pasokan pembudidaya Kabupaten Banjar,” ungkapnya.

Menurut dia, produksi ikan patin Kabupaten Banjar per hari mampu memenuhi kebutuhan bagi tiga provinsi di Kalimantan yakni Kalsel, Kalteng dan Kaltim yang jumlahnya mencapai 90 persen dari kebutuhan tersebut.

Dijelaskan, setiap hari kebutuhan ikan patin pada tiga provinsi di Kalimantan mencapai 30 ton sementara produksi yang mampu dipenuhi sebanyak 25 ton hingga 27 ton sehingga persentasenya mencapai 90 persen.

“Jumlah produksi itu masih sangat bisa ditingkatkan termasuk memenuhi permintaan dari Jakarta dan Surabaya asalkan pemerintah berani menghentikan impor patin dari luar negeri,” ujarnya.

Dikatakan, besarnya produksi ikan patin itu membuat Kabupaten Banjar terpilih sebagai salah satu dari 10 kabupaten di Indonesia yang ditetapkan sebagai simpul industrialisasi perikanan wilayah Kalimantan.

“Penetapan sebagai simpul industrialisasi perikanan itu disikapi Pemkab Banjar dengan mendorong setiap pembudidaya meningkatkan produksi sehingga bisa mencapai target yang diharapkan,” kata dia.

Ditambahkan, melalui peningkatan produksi pihaknya juga berupaya agar ikan patin kabupaten setempat lebih dikenal baik di pasar nasional maupun internasional sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Sumber : ANT)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

Leave A Response

You must be logged in to post a comment.