Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis Jarak Jauh Dengan Hand Phone Karya Siswa SMP 2 Demak

HArga Pelet Ikan

Siswa SMP 2 Demak, Achmad Ilham Nurgina, menemukan alat sederhana yang berfungsi sebagai pelempar pakan ikan jarak jauh.

Alat itu bisa membantu meringankan para petambak atau pembudidaya dalam memberikan makan ikan. Motif Ilham membuat alat itu untuk membantu petambak supaya tak repot memberi makan ikan.

Dengan begitu, petambak bisa memberi makan secara jarak jauh. Caranya, dengan mengandalkan sebuah alat yang ‘’berbahan dasar’’ ponsel dan alat elektronik lainnya.

Ide cemerlang siswa asal Mranggen itu sekaligus menjadikannya sebagai juara II lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Nasional 2012, yang diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan akhir September lalu.

“Awalnya, saya tergelitik ingin membantu pembudidaya ikan. Kemudian saya menemukan ide, bagaimana pembudidaya ikan tak perlu repot memberi makan ikan, terutama ketika tidak sedang berada di kolam ikan,” ungkap Ilham saat memaparkan hasil temuannya pada wartawan, kemarin.

Ilham didampingi Kepala Sekolah Doktor H Trisyono dan guru Pembimbing Fisika Drs Eka Purjiyanta.
Alat yang dibuat oleh Ilham terdiri atas komponen sederhana, hanya ponsel yang sederhana. Harganya pun tak terlalu menguras kantong petambak.

Selain itu, juga menggunakan rangkaian dioda, kapasitor, resistor, lampu yang dipadukan dengan generator (motor) berkapasitas ringan.

Perpaduan berbagai rangkaian itu berfungsi menghasilkan getaran yang bisa membuat pakan ikan berserak tak beraturan masuk ke dalam kolam.

Cukup Ditelepon

Ilham menyebutkan, pembudidaya ikan cukup menghubungi nomor ponsel yang terhubung dengan rangkaian apabila berkeinginan mengaktifkan alat.

Nada dering yang berbunyi usai dihubungi penelepon akan menghasilkan getaran. Secara otomatis getaran itu menjadikan berfungsi menebar pakan ikan.

Guru pembimbing Eka Purjiyanta menambahkan, alat itu diikutsertakan dalam LPIR 2012 di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Alhasil, dalam penjurian lima hari 24-29 September lalu, ide cemerlang Ilham berbuah juara II nasional.

Menurutnya, pembuatan alat murah itu cukup mudah. Pembudi daya ikan yang berminat sekaligus bisa memanfaatkan ide Ilham. (suaramerdeka)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: budidayaikan View all posts by

One Comment on "Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis Jarak Jauh Dengan Hand Phone Karya Siswa SMP 2 Demak"

  1. nindy November 15, 2012 at 8:18 am - Reply

    bagaimana cara membuatnya? kitadisuruhy buat alat elektro hahahaha

Leave A Response